Militer Meksiko melakukan penjagaan di Penjara Ciudad Juarez, yang diserang kelompok bersenjata. Foto: AFP
Militer Meksiko melakukan penjagaan di Penjara Ciudad Juarez, yang diserang kelompok bersenjata. Foto: AFP

Populer Internasional: Korban Serangan Penjara Meksiko Bertambah hingga Garda Revolusi Ditetapkan sebagai Teroris

Fajar Nugraha • 03 Januari 2023 17:40
Mexico City: Serangan oleh pria bersenjata di sebuah penjara Meksiko menyebabkan 19 orang tewas dan memungkinkan 25 narapidana melarikan diri. Seorang yang melarikan diri termasuk seorang pemimpin geng.
 
Serangan di penjara Meksiko itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom yang diikuti dengan kabar tentang Belgia uji air limbah pada pesawat dari Tiongkok akibat angka covid-19 melonjak.
 
Kemudian diikuti dengan Inggris akan tetapkan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teror. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Korban Tewas Akibat Serangan Penjara Meksiko Bertambah Jadi 19 Orang

Serangan oleh pria bersenjata di sebuah penjara Meksiko menyebabkan 19 orang tewas dan memungkinkan 25 narapidana melarikan diri. Seorang yang melarikan diri termasuk seorang pemimpin geng.
 
“Sepuluh penjaga, tujuh tahanan dan dua penyerang tewas dalam serangan pada Minggu 1 Januari 2023 di Ciudad Juarez dekat perbatasan dengan Amerika Serikat,” kata Menteri Pertahanan Luis Cresencio Sandoval kepada wartawan, seperti dikutip AFP, Selasa 3 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya jumlah korban tewas mencapai 14 orang setelah serangan subuh yang dikaitkan dengan pengedar narkoba.
 
Siapa pelaku serangan ke penjara Meksiko itu? Simak di sini.

2. Belgia Uji Air Limbah Pada Pesawat dari Tiongkok Akibat Angka Covid-19 Melonjak

Belgia akan menguji air limbah dari pesawat yang tiba dari Tiongkok terkait wabah baru covid-19 yang meledak di negeri itu. Ini sebagai bagian dari langkah baru melawan penyebaran virus korona saat infeksi di Tiongkok melonjak.
 
"Ini akan menjadi tujuan pemantauan tambahan untuk memverifikasi bahwa data yang kami terima dari Tiongkok akurat," kata Steven Van Gucht dari lembaga kesehatan masyarakat nasional Sciensano, seperti dikutip dari The Straits Times, Selasa 3 Januari 2023.
 
Dia mengatakan Belgia menyadari bahwa beberapa penumpang yang terinfeksi covid-19 mungkin tidak menggunakan toilet selama penerbangan mereka, dan oleh karena itu langkah baru itu "tidak dimaksudkan untuk melacak orang tetapi untuk melacak secara independen apa yang terjadi di Tiongkok.”
 
Sejauh mana ancaman wabah baru covid-19 Tiongkok ke Belgia? Selanjutnya di sini.

3. Inggris Akan Tetapkan Garda Revolusi Iran sebagai Kelompok Teror

Inggris secara resmi akan mendeklarasikan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris. Pihak Garda sebelumnya telah menangkap tujuh orang yang memiliki hubungan dengan Inggris atas protes antipemerintah.
 
“Langkah tersebut, yang akan diumumkan dalam beberapa minggu, didukung oleh Menteri Keamanan Inggris, Tom Tugendhat, dan Menteri Dalam Negeri Suella Braverman,” kata laporan itu, seperti dikutip Telegraph, Selasa 3 Januari 2023.
 
Menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris berarti menganggap siapa pun menjadi bagian dari kelompok tersebut, menghadiri pertemuannya, dan membawa logonya di depan umum sebagai tindak pidana.
 
Apa yang menjadi alasan rencana penetapan dari Inggris itu? Simak tautan ini.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif