Ketum PBNU Said Aqil Siroj. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ketum PBNU Said Aqil Siroj. Foto: MI/Rommy Pujianto

PCINU Harus Selalu Berkolaborasi dengan Perwakilan RI

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 19 Mei 2020 22:40
Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menegaskan pengurus cabang istimewa NU (PCINU) harus menjalin hubungan baik dengan perwakilan Republik Indonesia (RI) di negara setempat. Hal ini sebagai bagian dalam prinsip NU.
 
"Solidaritas global bisa dimulai dalam langkah-langkah strategis dalam bantuan kemanusiaan dan charity bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui perwakilan RI untuk memaksimalkan program-program untuk membantu WNI (warga negara Indonesia) lintas negara," kata Said Aqil dalam pertemuan virtual 'Solidaritas Global: Nahdlatul Ulama dan Diplomasi Indonesia di Tengah Covid-19', Selasa, 19 Mei 2020.
 
Menurut dia, menumbuhkan solidaritas menjadi bagian penting dari semangat pemerintah Indonesia dalam membangun perdamaian dunia dan keadilan sosial. Solidaritas global ini yang dibutuhkan dunia internasional saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Solidaritas itu penting saat menghadapi wabah, upaya kita harus selalu dibarengi niat baik yang bersifat doa," seru Said Aqil.
 
NU bersama Kemlu, kata dia, ingin membangun solidaritas global melalui jaringan diplomasi kedutaan besar RI (KBRI) dan konsulat jenderal RI (KJRI) maupun jaringan PCINU untuk program-program kemanusiaan. Pihaknya ingin ikut berkontribusi di tengah pandemi maupun pascapandemi virus korona (covid-19).
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi bantuan PCINU untuk WNI di luar negeri selama masa pandemi ini. PCINU, kata dia, tidak hanya membantu distribusi, tetapi juga membantu menyediakan bantuan.
 
Retno menambahkan di Malaysia, PCINU dan Badan Otonom NU seperti Pemuda Anshor, Banser, Fatayat, dan Muslimat, ikut mendistribusikan puluhan ribu paket sembako kepada WNI yang membutuhkan. Di Belanda, PCINU bersama organisasi masyarakat lainnya menyediakan jasa konsultasi kesehatan bersama dokter secara online.
 
Baca: Menlu Retno: NU Berperan Penting Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19
 
Di Korea Selatan, PCINU telah menjadi salah satu barisan terdepan dalam distribusi masker dan bahan kebutuhan pokok. "Sementara di Turki, PCINU di bawah bendera PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Turki melaksanakan konser musik online sambil menggalang dana untuk membantu mahasiswa Afrika di sana," terang Retno.
 
Menurut dia, solidaritas dan kerja sama seperti ini adalah kata kunci. Hal tersebut, imbuh Retno, menentukan keberhasilan Indonesia dalam melawan covid-19.
 

(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif