Menlu Retno Marsudi apresiasi peran penting PBNU dalam atasi covid-19. Foto: Biro Pers Setpres
Menlu Retno Marsudi apresiasi peran penting PBNU dalam atasi covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Menlu Retno: NU Berperan Penting Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 19 Mei 2020 17:19
Jakarta: Pandemi virus korona (covid-19) telah membuat banyak warga dunia terkena dampak, termasuk WNI di luar negeri. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di luar negeri yang berkoordinasi dengan perwakilan RI untuk melindungi WNI.
 
Tak hanya berterima kasih atas bantuan tersebut, Menlu Retno juga meminta Nahdlatul Ulama (NU) berperan membantu pemerintah untuk tiga hal, yakni edukasi masyarakat, penuntun mental dan spiritual, serta memupuk rasa persatuan.
 
"Di negara demokrasi termasuk Indonesia, sinergi antara pemerintah dan civil society sangat penting terlebih di tengah pendemi ini, peran NU dan civil society lain sangat penting terutama untuk tiga hal, yakni edukasi publik, penuntun mental dan spiritual, serta memupuk rasa persatuan," kata Retno dalam pertemuan virtual 'Solidaritas Global: Nahdlatul Ulama dan Diplomasi Indonesia di Tengah Covid-19', Selasa 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengatakan NU merupakan organisasi massa yang besar di Indonesia. Dengan modal besar itu, NU dapat mengedukasi publik karena mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat.
 
Selain itu, NU memiliki jaringan yang luas sehingga dapat menjangkau akar rumput, baik di dalam atau di luar negeri. Hal ini disampaikan secara langsung kepada Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siraj.
 
Untuk penuntun mental dan spiritual, Retno yakin NU dapat memberikan ketenangan dalam psikologis lewat ceramah ulama-ulama NU tersebut. "Peran tokoh NU diperlukan dalam memberikan dukungan spiritual untuk masyarakat. Dengan ketenangan batin ini diharapkan dapat memperkuat sistem imunitas diri atas virus," imbuhnya.
 
Dan peran yang terakhir, NU diyakini dapat memupuk dan memperkuat rasa persatuan. "Ini penting artinya di tengah covid-19, tugas kita saling melengkapi, membantu dan menopang. Kita harus tutup semua potensi perpecahan di masyarakat, termasuk untuk masyarakat Indonesia di luar negeri, salah satunya dengan melawan disinformasi," ujarnya.
 
Menurut Retno, dengan sinergi kuat, kebersamaan, dan kolaborasi, WNI di manapun mereka berada dapat melawan covid-19 dan penurunan ekonomi. "Bersama kita bisa menang," pungkasnya.
 

 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif