Warga berjalan di depan Institut Kanker Nasional yang terkena ledakan bom di Kairo, Mesir, 5 Agustus 2019. Foto: AFP/KHALED DESOUKI.
Warga berjalan di depan Institut Kanker Nasional yang terkena ledakan bom di Kairo, Mesir, 5 Agustus 2019. Foto: AFP/KHALED DESOUKI.

17 Anggota Teroris Hasm Tewas dalam Operasi Militer Mesir

Internasional mesir ledakan mesir
Fajar Nugraha • 09 Agustus 2019 07:36
Kairo: Pasukan keamanan Mesir menewaskan 17 ‘teroris’ pada Kamis 8 Agustus selama operasi terhadap para tersangka dalam ledakan mobil mematikan akhir pekan lalu di Kairo. Ledakan itu menewaskan sekitar 20 orang.
 
Baca juga: Ledakan di Gedung Kanker Mesir, 17 Orang Tewas.
 
Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan 17 orang yang tewas itu berasal dari kelompok militan Hasm. Kelompok ini adalah afiliasi bersenjata dari Ikhwanul Muslimin yang dilarang di Mesir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi menyebut tabrakan terjadi antara beberapa kendaraan di Kairo sebagai ‘aksi teroris’. Salah satu dari mobil itu penuh dengan bahan peledak.
 
Tabrakan itu terjadi tepat sebelum tengah malam pada Minggu. Sebuah mobil melaju yang penuh dengan bahan peledak melaju melawan arus lalu lintas dan menabrak tiga kendaraan lain di luar National Cancer Institute di ibukota Mesir.
 
Menurut kementerian kesehatan, setidaknya 20 orang tewas dalam tabrakan. “Kelompok Hasm berada di belakang persiapan kendaraan yang menyebabkan ledakan itu,” kata pernyataan pihak Kementerian Dalam Negeri Mesir, seperti dikutip AFP, Jumat, 9 Agustus 2019.
 
Pihak berwenang menambahkan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi pengemudi bunuh diri kendaraan tersebut sebagai anggota Hasm. Hal ini yang memicu operasi militer kepada pihak Hasm.
 
Baca juga: Indonesia Kecam Serangan di RS Kanker Kairo.
 
“Pasukan keamanan menemukan anggota sel Hasm dan menewaskan 17 dari mereka, termasuk saudara dari pengebom mobil bunuh diri. Operasi itu berlangsung di Kairo dan di Faiyum,” ucap pihak Kementerian Dalam Negeri Mesir.
 
Tidak segera jelas apakah sel Hasm dan 17 orang terlibat langsung dalam tabrakan maut Minggu. Sejak 2016 kelompok Hasm telah mengklaim bertanggung jawab atas beberapa serangan terhadap polisi, pejabat dan hakim di Kairo.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif