Sebuah kilang minyak di Haradh, Arab Saudi. (Foto: AFP/Getty)
Sebuah kilang minyak di Haradh, Arab Saudi. (Foto: AFP/Getty)

Kilang Minyak Diserang, Saudi Jadwalkan Pertemuan Darurat

Internasional arab saudi
Willy Haryono • 19 Mei 2019 11:34
Riyadh: Arab Saudi mengumumkan rencana menggelar pertemuan darurat para pemimpin negara-negara Teluk Arab pada 30 Mei mendatang, untuk membicarakan mengenai serangan terhadap dua kilang minyak dan beberapa tanker belum lama ini.
 
Pengumuman disampaikan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi via Twitter pada Minggu 19 Mei 2019 pagi waktu setempat.
 
Dikutip dari laman The National, Saudi juga menyebutkan bahwa Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman telah berbicara via telepon dengan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo. Keduanya membicarakan mengenai perkembangan situasi terkini di kawasan, dan perlunya meningkatkan hubungan kerja sama pertahanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberontak Houthi di Yaman mengklaim bertanggung jawab atas serangan ke dua kilang minyak milik Arab Saudi. Houthi menegaskan serangan tersebut merupakan respons atas agresi yang terus dilakukan Arab Saudi dalam konflik Yaman.
 
Sementara terkait serangan terhadap empat tanker di lepas pantai Uni Emirat Arab, Saudi mengaku masih menginvestigasinya. Penyelidikan juga dilakukan bersama UEA dan Norwegia. Sejumlah pihak menduga Garda Revolusioner Iran (IRHC) memfasilitasi serangan terhadap empat tanker tersebut.
 
Serangan terhadap keempat tanker terjadi saat Iran tengah bersitegang dengan AS. Ketegangan terbaru dipicu keputusan Washington yang mencoba memangkas ekspor minyak Iran hingga ke angka nol.
 
Ketegangan semakin menjadi setelah AS meningkatkan jumlah armada militernya di Timur Tengah. Namun baik AS maupun Iran sama-sama mengindikasikan tidak ingin berperang.
 
"Tidak akan ada perang karena kami tidak menginginkannya," tegas Menlu Iran Mohammad Javad Zarif, dilaporkan dari kantor berita IRNA. Sebelumnya, seorang pejabat Gedung Putih mengonfirmasi bahwa AS Donald Trump tidak ingin berperang dengan Iran.
 
Baca:Arab Saudi Tutup Pipa Minyak usai Diserang Houthi

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif