Kilang minyak Arab Saudi, Aramco. (Foto: Arabian Business)
Kilang minyak Arab Saudi, Aramco. (Foto: Arabian Business)

Arab Saudi Tutup Pipa Minyak usai Diserang Houthi

Internasional arab saudi pemberontak houthi
Sonya Michaella • 15 Mei 2019 09:31
Riyadh: Kilang minyak milik Arab Saudi diserang pesawat tak berawak. Serangan ini diklaim pemberontak Houthi di Yaman yang didukung Iran.
 
Arab Saudi menyebut dua kilang minyak itu diserang pada Selasa pagi kemarin. Dua kilang tersebut memompa sekitar lima juta barel per harinya ke Pelabuhan Laut Merah.
 
"Perusahaan Saudi Aramco telah menutup sementara jaringan pipa untuk memeriksa kondisinya. Untuk saat ini, produksi minyak dan ekspor tidak terganggu," kata Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih, dikutip dari AFP, Rabu 15 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Al-Falih mengatakan, aksi serangan terhadap kilang minyak masuk kategori terorisme. Menurutnya, serangan tersebut tidak hanya mengganggu Kerajaan Arab Saudi, tetapi juga keamanan pasokan minyak dunia dan ekonomi global.
 
Sementara itu, juru bicara Houthi Mohammed Abdulsalam menegaskan serangan tersebut merupakan respons atas agresi yang terus dilakukan Arab Saudi dalam konflik Yaman.
 
"Operasi akan terus dilanjutkan jika para penyerang dari Arab Saudi melanjutkan kejahatan mereka (di Yaman). Kami akan melancarkan operasi yang lebih besar dan lebih luas," ujarnya.
 
Serangan terhadap kilang minyak ini terjadi setelah empat kapal tanker milik Uni Emirat Arab disebut-sebut telah disabotase. Dalam kasus ini, Amerika Serikat meyakini bahwa penyerang keempat tanker berasal dari Iran atau kelompok-kelompok terkait negara tersebut.
 
Namun hingga saat ini, belum ada bukti bahwa Iran yang melakukan penyerangan terhadap empat tanker. Iran juga telah menyangkal keterlibatan apa pun dan menyerukan penyelidikan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif