Seorang pria yang diduga membawa koper membawa jasad Jamal Khashoggi. (Foto: A Haber).
Seorang pria yang diduga membawa koper membawa jasad Jamal Khashoggi. (Foto: A Haber).

Mayat Khashoggi Dibawa dalam Lima Koper

Internasional Jamal Khashoggi
Fajar Nugraha • 01 Januari 2019 06:16
Istanbul: Kematian jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi masih menjadi misteri. Kali ini muncul rekaman video keamanan (CCTV) yang menunjukkan jasad khashoggi yang dibawa dalam lima koper.

Baca juga: Menteri AS Bantah Pangeran Mohammed Terlibat Pembunuhan Khashoggi.

Seperti dilansir 9 News, Selasa, 1 Januari 2019, lima koper terpisah itu dibawa keluar dari gedung Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul. Koper-koper ini kemudian dibawa menuju rumah Konsul Jenderal Arab Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Rumah dari Konjen Arab Saudi tersebut diketahui tidak jauh dari gedung Konsulat sendiri. Di gedung inilah Khashoggi terakhir kali terlihat masih hidup pada 2 Oktober 2018. Video tersebut disiarkan oleh televisi Turki A Haber. Namun tidak diketahui kebenaran dari rekaman video tersebut.

Jamal Khashoggi dikenal sebagai jurnalis yang kerap mengkritik Kerajaan Arab Saudi, termasuk Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Dia menghilang saat mengurus pernikahannya di kantor konsulat.

Usai pembunuhan, tuduhan gencar mengarah kepada Pangeran Mohammed. Diketahui bahwa 15 orang melakukan pembunuhan ini, 11 orang sudah didakwa atas pembunuhan ini sementara lima diantaranya diancam hukuman mati.

Baca juga: Perombakan di Kabinet Arab Saudi Usai Kasus Khashoggi.

Imbas kasus ini, Raja Salman melakukan perombakan dalam kabinetnya. Adel al-Jubeir yang sebelumnya menjabat sebagai Menlu Arab Saudi, diturunkan pangkatnya menjadi Asisten Menlu. Sementara beberapa petinggi dalam tubuh organisasi keamanan juga mengalami pergantian.

Hingga saat ini belum ada titik terang dalam kasus Khashoggi. Jasadnya pun tidak diketahui keberadaannya.

 
 


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi