Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud melakukan perombakan dalam kabinet. (Foto: AFP).
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud melakukan perombakan dalam kabinet. (Foto: AFP).

Perombakan di Kabinet Arab Saudi Usai Kasus Khashoggi

Internasional arab saudi Jamal Khashoggi
Fajar Nugraha • 28 Desember 2018 09:07
Riyadh: Geliat Raja Salman dalam merombak pemerintahannya bukan hanya pada posisi Menteri Luar Negeri. Beberapa posisi lain juga mengalami pergantian.

Baca juga: Akibat Kasus Khashoggi, Menlu Arab Saudi Turun Pangkat.

Adapun perombakan kabinet ini diduga dipicu kemarahan internasional atas pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, 2 Oktober lalu.  Pembunuhan ini terjadi di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki dengan cara yang kejam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Nama besar pertama yang menjadi korban perombakan ini adalah Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir. Raja Salman menunjuk Asisten Menteri Ibrahim al-Assaf sebagai Menteri Luar Negeri, menggantikan Adel al-Jubeir, yang memegang jabatan itu sejak 2015. Jubeir kemudian diturunkan dari jabatan dan menjadi Menteri Negera Urusan Luar Negeri atau Asisten Menteri urusan Luar Negeri.

Seperti dilansir VOA Indonesia, Jumat, 28 Desember 2018, Raja salman juga mengganti Kepala Garda Nasional, Pangeran Miteb bin Abdullah dengan Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz.

Selain itu, ia memerintahkan reorganisasi Dewan Politik dan Keamanan negara itu. Jenderal Kalid bin Qirar al-Harbi ditunjuk sebagai Kepala Keamanan, sementara Musaed al-Aiban ditunjuk sebagai Penasehat Keamanan Nasional.

Raja dan putranya, Pangeran Mohammed bin Salman mengumumkan perubahan kabinet itu, setelah sejumlah agen Arab Saudi membunuh Khashoggi. Pembunuhan ini memicu kecurigaan Pangeran Mohammed turut terlibat. Namun tuduhan itu dibantah keras dan bahkan mendapatkan pembelaan dari Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi