Adel al-Jubeir diturunkan pangkatnya dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi. (Foto: AFP).
Adel al-Jubeir diturunkan pangkatnya dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi. (Foto: AFP).

Akibat Kasus Khashoggi, Menlu Arab Saudi Turun Pangkat

Internasional arab saudi Jamal Khashoggi
Fajar Nugraha • 28 Desember 2018 01:39
Riyadh: Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir diturunkan dari jabatannya usai dilakukan perombakan kabinet oleh Raja Salman.

Baca juga: Pangeran Saudi Ragukan Laporan CIA soal Tewasnya Khasoggi.

Peran Al-Jubeir akan digantikan oleh Ibrahim al-Assaf. Sementara Jubeir sendiri akan menjabat Menteri Negara Urusan Luar Negeri yang berada di bawah Menlu Arab Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dilansir BBC, Jumat, 28 Desember 2018, Kuat dugaan penurunan pangkat terhadap Jubeir ada kaitannya dengan kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Selama ini Khashoggi dikenal sebagai pengkritik Kerajaan Arab Saudi. Arab Saudi pada awalnya membantah mengetahui nasib dari Khashoggi yang sempat dikatakan menghilang sejak 2 Oktobet. Tetapi penyelidik Negeri Petro Dolar melihat kematian Khashoggi adalah pembunuhan berencana.

Pemerintah Arab Saudi membantah ada keterlibatan dari keluarga kerajaan dalam kasus ini. Mereka mengatakan pembunuhan dilakukan oleh agen yang salah menerima perintah.

Jubeir sendiri menjadi sosok utama yang membela kerajaan. Pada satu waktu, dirinya menilai media Barat bersikap terlalu histeris dalam menulis tentang kasus Khashoggi.

Baca juga: Saudi Tolak Permohonan Ekstradisi Terdakwa Kasus Khashoggi.

Sementara pengganti Jubeir, yakni Ibrahim al-Assaf sebelumnya sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan Arab Saudi. Pria berusia 69 tahun ini dikenal sebagai Menteri Keuangan Arab Saudi terlama menjabat dari 1996 hingga 2016.

Pada 4 November 2017, Al-Assaf sempat ditahan di Arab Saudi oleh Komisi Antikorupsi Kerajaan. Namun setelah diselidiki, pria berpendidikan Barat itu dinyatakan tidak terlibat kasus korupsi apapun dan namanya pun dibersihkan serta kembali menjabat di pemerintahan.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi