Mantan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir masih tetap pegang kendali diplomasi. (Foto: AFP).
Mantan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir masih tetap pegang kendali diplomasi. (Foto: AFP).

Adel al-Jubeir Masih Pegang Kendali Diplomasi Arab Saudi

Internasional arab saudi politik arab saudi Jamal Khashoggi
Fajar Nugraha • 28 Desember 2018 13:30
Riyadh: Nasib mantan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir yang diturunkan jabatannya, ditentukan oleh Raja Salman. Namun meskipun dia tidak menjabat Menlu, ternyata diplomasi Arab Saudi tetap dipegang oleh Jubeir.

Baca juga: Akibat Kasus Khashoggi, Menlu Arab Saudi Turun Pangkat.

Seperti diketahui, pada Kamis 27 Desember 2018, Raja Salman mengeluarkan dekrit untuk merombak kabinet. Lewat dekrit itu, Jubeir digantikan oleh mantan Menteri Keuangan Ibrahim Assaf.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Assaf sebelumnya memegang jabatan sebagai Menkeu Arab Saudi terlama, dengan tugas antara 1996-2016. Namun pada November 2017, Assaf ditahan sebagai bagian dari penyelidikan Komisi Antikorupsi Kerajaan yang baru dibentuk. Assaf akhirnya dibebaskan dan namanya dibersihkan karena tidak terbukti ada keterlibatan dalam korupsi. Kantor media Sabq melaporkan berdasarkan sumber rahasia bahwa penunjukkan Assaf sebagai Menlu ditujukan untuk mereformasi tugas-tugasnya.

“Berdasarkan sumber, Assaf yang memiliki pengalaman panjang sebagai menteri, akan memegang fungsi organisasi. Dirinya akan bertanggungjawab meningkatkan kinerja struktur kementerian,” sebut laporan Sabq, yang dikutip Sputnik, Jumat, 28 Desember 2018.

Baca juga: Perombakan di Kabinet Arab Saudi Usai Kasus Khashoggi.

“Sementara Jubeir akan dibebaskan dari tugas manajerial dan memungkinkan dirinya lebih fokus berkonsentrasi dalam kebijakan diplomatik,” imbuh laporan tersebut.

Adel al-Jubeir menjadi diplomat teratas Arab Saudi pada 2015. Selama beberapa bulan terakhir Jubeir membela Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman dan kerajaan di saat negara dikritik secara luas usai kematian jurnalis Jamal Khashoggi. Pembunuhan Khashoggi terjadi pada 2 Oktober di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi