Pesawat drone tipe Reaper. (Foto: AFP)
Pesawat drone tipe Reaper. (Foto: AFP)

Sejumlah Drone Serang Bandara Jizan di Arab Saudi

Internasional konflik yaman arab saudi
Willy Haryono • 09 Juni 2019 13:03
Jizan: Sejumlah pesawat tanpa awak atau drone menyerang bandara di kota Jizan, Arab Saudi. Kabar disampaikan saluran televisi Al-Masirah via Twitter, Minggu 9 Juni 2019.
 
Masih dari laporan Al-Masirah, serangan disebutkan dilancarkan oleh pemberontak Houthi asal Yaman. Serangan ditujukan kepada beberapa bungker dan stasiun drone Saudi di bandara Jizan.
 
Hingga sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari Riyadh terkait serangan di Jizan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan kemarin, pertahanan udara Saudi menembak jatuh sebuah drone yang dipasangi bahan peledak di dekat bandara King Abdullah bin Abdulaziz di kota Jizan. Kabar serangan saat itu disampaikan juru bicara koalisi pimpinan Saudi, Kolonel Turki Maliki.
 
Yaman dilanda konflik bersenjata antara pasukan pemerintah di bawah Presiden Abedrabbo Mansour Hadi dengan pemberontak Houthi sejak 2015. Pertempuran di Yaman meningkat dalam beberapa bulan terakhir.
 
Mei lalu, Houthi dikabarkan telah menyerang sebuah bandara di kota Najran, Arab Saudi. Serangan tersebut membuat sebuah gudang senjata di bandara Najran terbakar.
 
Koalisi Saudi telah mengintervensi konflik Yaman sejak 2015 dengan melancarkan sejumlah serangan udara. Koalisi Saudi beroperasi di Yaman atas permintaan Presiden Hadi.
 
Saudi menuduh Iran berada di belakang Houthi, sebuah tuduhan yang dibantah Teheran. Konflik di Yaman telah menewaskan lebih dari 10 ribu orang.
 
Pekan kemarin, Houthi dilaporkan telah melancarkan serangan dengan pesawat nirawak menuju parade militer Arab Saudi di Aden, Yaman.
 
Namun, kabar ini ditepis Arab Saudi yang mengklaim telah menembak jatuh sebuah drone di barat Kota Aden, meski tidak ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak.
 
Baca:Serangan Kilang Minyak Arab Saudi jadi Ancaman Pasokan Dunia

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif