PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)
PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)

Mahathir Bakal Mundur Tiga Tahun Lagi

Internasional politik malaysia
Sonya Michaella • 24 Juni 2019 11:15
Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan dirinya akan mundur sebagai perdana menteri dalam waktu tiga tahun lagi. Jabatan PM nantinya akan diserahkan kepada Anwar Ibrahim.
 
"Sejauh yang saya ketahui, saya berjanji bahwa saya akan mundur dan Anwar akan menggantikan saya," kata Mahathir dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Senin 24 Juni 2019.
 
Dalam kurun waktu tiga tahun tersebut, Mahathir meyebut pemerintah perlu untuk mengurangi utang Malaysia. Namun, Mahathir memastikan dirinya hanya akan memerintah hingga tiga tahun mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak, saya tidak akan melebihi dari tiga tahun nantinya," ucap dia.
 
Kembali ia mengutarakan prioritasnya untuk Negeri Jiran yaitu menyelesaikan utang-utang yang telah dibuat pada pemerintahan Najib Razak.
 
Baca:Anwar Ibrahim Segera Bahas Suksesi Kekuasaan dengan Mahathir
 
Mahathir yang memimpin partai oposisi Pakatan Harapan (PH) mendapat kemenangan mengejutkan dalam pemilihan umum terakhir pertengahan tahun lalu. Dia kembali memimpin Negeri Jiran sebagai perdana menteri ketujuh.
 
Sebelum pemilihan, PH mengatakan Mahathir akan menjadi perdana menteri yang ditunjuk, sementara Wan Azizah Wan Ismail yang merupakan istri Anwar Ibrahim, ditunjuk sebagai wakil perdana menteri.
 
Mahathir mengatakan dia hanya akan menjabat dua tahun. Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai suksesor menggantikannya.
 
Anwar Ibrahim saat itu menjalani hukuman lima tahun penjara karena tuduhan sodomi. Tapi dia membantahnya dan mengatakan tudingan itu bermotif politik.
 
Setelah kemenangan PH, Anwar menerima pengampunan kerajaan. Dia kemudian kembali ke parlemen sebagai anggota parlemen Port Dickson melalui pemilihan sela.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif