Anwar Ibrahim (kiri) bersama dengan Mahathir Mohamad (kanan). (Foto: Free Malaysia Today).
Anwar Ibrahim (kiri) bersama dengan Mahathir Mohamad (kanan). (Foto: Free Malaysia Today).

Anwar Ibrahim Segera Bahas Suksesi Kekuasaan dengan Mahathir

Internasional Pemilu Malaysia 2018
Marcheilla Ariesta • 16 Mei 2019 04:38
Selangor: Presiden Parti Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim mengatakan akan membahas rencana suksesi dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Tepat satu tahun Mahathir berkuasa melalui koalisi Pakatan Harapan (PH).
 
Anwar mengatakan pertemuan akan membahas rincian rencana suksesi, termasuk tanggal yang akan disepakati keduanya. Usai suksesi, Mahathir masih memainkan peranan penting sebagai negarawan.
 
"Saya tidak punya masalah sama sekali karena Dr Mahathir memiliki peran untuk dimainkan sekarang dan harus diberi ruang," katanya, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 15 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahkan jika saya mengambil alih kepemimpinan, Dr Mahathir masih akan memainkan peran sebagai negarawan karena dia telah banyak berkontribusi pada negara," imbuh Anwar.
 
Mahathir yang memimpin Pakatan Harapan (PH) mendapat kemenangan mengejutkan dalam pemilihan umum terakhir pertengahan tahun lalu. Dia kembali memimpin Negeri Jiran sebagai perdana menteri ketujuh.
 
Sebelum pemilihan, PH mengatakan Mahathir akan menjadi perdana menteri yang ditunjuk, sementara Wan Azizah Wan Ismail yang merupakan istri Anwar Ibrahim, ditunjuk sebagai wakil perdana menteri.
 
Mahathir mengatakan dia hanya akan menjabat dua tahun. Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai suksesor menggantikannya.
 
Anwar Ibrahim saat itu menjalani hukuman lima tahun penjara karena tuduhan sodomi. Tapi dia membantahnya dan mengatakan tudingan itu bermotif politik.
 
Setelah kemenangan PH, Anwar menerima pengampunan kerajaan. Dia kemudian kembali ke parlemen sebagai anggota parlemen Port Dickson melalui pemilihan sela.
 
Mahathir sering ditanya mengenai penyerahan kekuasaan ini. Dia mengatakan akan tetap berkuasa jika masyarakat menginginkannya untuk terus melayani mereka di luar periode yang disepakati.
 
Namun, ia juga telah berulang kali meyakinkan bahwa akan menghormati janji transfer kekuasaan. Mahathir menambahkan bahwa dirinya hanya 'perdana menteri sementara'.

 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif