Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah gedung bimbel di kota Surat, Gujarat, India, Sabtu 25 Mei 2019. (Foto: AFP/Getty)
Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah gedung bimbel di kota Surat, Gujarat, India, Sabtu 25 Mei 2019. (Foto: AFP/Getty)

Kebakaran Gedung Bimbel di India Tewaskan 20 Orang

Internasional kebakaran india
Willy Haryono • 25 Mei 2019 19:23
Surat: Sedikitnya 20 orang, sebagian besar dari mereka siswa usia sekolah yang menghadiri kelas bimbingan belajar (bimbel) di India, meninggal dunia dalam kebakaran di sebuah gedung, Sabtu 25 Mei 2019.
 
Sejumlah siswa terlihat melompat dan berjatuhan dari gedung yang terbakar di kota Surat, negara bagian Gujarat. Asap hitam terlihat keluar dari semua jendela bangunan tersebut.
 
Menurut keterangan otoritas setempat, kebakaran diyakini diakibatkan hubungan pendek arus listrik dari pendingin ruangan. Polisi mengatakan salah satu pemilik pusat bimbel di gedung tersebut telah ditahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Kepolisian Surat, Satish Sharma, mengatakan kepada awak media bahwa total tiga orang dituntut pasal kelalaian berujung kematian. Dua orang lainnya disebut akan segera ditangkap aparat.
 
Seiring tingginya amarah warga kepada pemilik bimbel, Sharma meminta semua pihak untuk tetap tenang dan memercayakan semuanya kepada aparat penegak hukum.
 
"Ada siswa yang meninggal akibat terkabar, dan ada juga yang karena melompat dari gedung," kata Deepak Sapthaley, seorang petugas pemadam kebakaran, kepada kantor berita AFP.
 
Komisioner Dinas Pemadam Kebakaran Surat U Upadhyay mengatakan hubungan pendek arus listrik terjadi di lantai satu, yang kemudian menyebar hingga ke lantai tiga.
 
Semua korban tewas berusia di bawah 20 tahun. Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengungkapkan belasungkawa atas peristiwa tersebut via Twitter.
 
Juru bicara Kepala Menteri Gujarat Vijay Rupani mengatakan kebakaran ini sedang diinvestigasi secara resmi, dan hasilnya kemungkinan keluar dalam tiga hari ke depan.
 
Kebakaran ini merupakan satu dari serangkaian peristiwa mematikan serupa di India. Februari lalu, sedikitnya 17 orang tewas dalam kebakaran di sebuah hotel di New Delhi.
 
Baca:Kebakaran di Hotel India Tewaskan Sembilan orang
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif