Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Mahathir
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad usai dilantik oleh Sultan Muhammad V (Foto: AFP).
Kuala Lumpur: Dilantiknya Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri ketujuh Malaysia, mengundang ucapan selamat dari para pemimpin dunia.
 
Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat kepada pemimpin berusia 92 tahun itu melalui telepon pada Kamis 10 Mei 2018. Kemudian melalui akun Twitternya, Presiden menggarisbawahi proses demokrasi di Malaysia.
 
(Baca: Melalui Telepon, Presiden Joko Widodo Ucapkan Selamat ke Mahathir).
 
"Saya senang mendengar proses demokrasi berjalan lancar dan aman. Saya percaya di bawah kepemimpinan Bapak Mahathir, hubungan Indonesia-Malaysia akan terus meningkat," sebut Presiden Joko Widodo.
 
Perdana Menteri Lee Hsien Long juga memberikan selamat kepada Mahathir. PM Lee mendoakan agar tim pemerintah yang dibentuk Mahathir akan sukses.
 
"Malaysia adalah mitra penting Singapura, dan rakyat kami berbagi ikatan kuat dan mendalam. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Tun Mahathir dan pemerintah baru untuk meningkatkan kerja sama kami. Kami dapat melakukan lebih banyak lagi bersama-sama," tambah PM Lee.
 
Pesan selamat juga datang dari Presiden Iran Hassan Rouhani. Presiden Rouhani pun mendoakan agar Mahathir diberikan kesehatan dan membawa Malaysia lebih makmur dan mencapai kebesarannya.
 
(Baca: PM Singapura Ucapkan Selamat kepada Mahathir).
 
Mahathir terpilih lagi sebagai perdana menteri melalui koalisi Pakatan Harapan. Dia melawan Barisan Nasional yang sebelumnya dibesarkannya.
 
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pun tak ingin tertinggal mengucapkan selamat kepada Mahathir. Trump memuji pelaksanaan pemilu yang damai dan kompetitif.
 
"Amerika Serikat akan melanjutkan kerja sama erat dengan Malaysia, guna mempererat kemitraaan komprehensif antara Amerika dan Malaysia. Kerja sama ini dapat mengatasi tantangan regional dan global," sebut Trump.
 
Sementara Perdana Menteri India Narendra Modi juga memberikan selamat kepada Mahathir. Modi pun menantikan kerja sama erat dengan Mahathir untuk memperkuat kerja sama menguntungkan antar kedua negara.
 
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memberikan selamat kepada rakyat Malaysia yang sukses melaksanakan pemilu damai. Pemilu kali ini menurut Guterres, menunjukkan komitmen kuat atas proses demokratik.
 
Dalam pernyataan yang dibacakan oleh juru bicaranya, Sekjen Guterres menyambut baik pembentukan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Mahathir dan menantikan untuk bekerja sama dengannya.
 
Mahathir mendapatkan mandat untuk membentuk pemerintahan melalui Pakatan Harapan, yang berhasil meraih 113 kursi parlemen. Setidaknya 10 anggota parlemen lainnya mengindikasikan memberikan dukungan kepada Pakatan Harapan, menambah total dukungan untuk Mahathir menjadi 123.



(FJR)