Plt Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah. Foto: Medcom.id/Fajar Nugraha
Plt Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah. Foto: Medcom.id/Fajar Nugraha

Indonesia Tetap Kawal Proses Repatriasi Rohingya

Internasional rohingya
Fajar Nugraha • 12 Desember 2019 16:55
Jakarta: Organisasi Negara Asia Tenggara atau ASEAN akan melakukan pertemuannya dengan India dalam wadah Dialog Delhi ke-11 (11th Delhi Dialogue). Di saat bersamaan salah satu anggota ASEAN, Myanmar menjalani sidang dengar pendapat di Pengadilan Kriminal Internasional (ICJ).
 
Dialog yang akan turut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada 13-14 Desember tidak diagendakan untuk membahas mengenai isu sidangan Myanmar yang dihadiri oleh Aung San Suu Kyi tersebut. Indonesia pun mengirim wakil untuk memantau jalannya sidang.
 
“Kita mengikuti dengan cermat proses public hearing (sidang dengar pendapat) yang berjalan. Kita juga mengirim wakil untuk memantau jalannya sidang,” ujar Plt Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, di kantor Kemenlu RI, Kamis, 12 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dari sisi Indonesia kita tentunya bersama ASEAN berbuat banyak untuk proses repatriasi pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh. Kita melihatnya tidak sebagai proses yang simultan, tetapi proses yang berjalan,” imbuh mantan Dubes RI untuk Kanada itu.
 
“Indonesia, siap menjadi jembatan dalam proses pendekatan termasuk dengan PBB sendiri,” tuturnya.
 
Sidang di ICJ ini diajukan oleh Gambia sebagai anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI). Pembahasan mengenai Rohingya di Myanmar pun sudah sering muncul.
 
“Intinya yang dikawal Indonesia adalah ada satu proses repatriasi dari para pengungsi dapat berjalan dengan baik dan aman, sukarela dan bermartabat. Proses itu yang selalu kita kawal dan komunikasi lewat ASEAN.
 
Selama ini menurut Faizasyah, Indonesia melakukan sesuatu yang betul-betul konkret di lapangan dan komunikasikannya di OKI.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif