Dua Korea Sepakat Singkirkan Senjata di Panmunjom
Sebuah desa di Korut terlihat dari Panmunjom. (Foto: AFP)
Panmunjom: Korea Selatan dan Utara sepakat menyingkirkan persenjataan dan pos pemeriksaan di "kota gencatan senjata" Panmunjom yang terletak di Zona Demiliterisasi (DMZ). Panmunjom dikenal sebagai area di mana petugas keamanan Korsel dan Korut berdiri saling berhadap-hadapan.

Panmunjom juga digunakan sebagai lokasi pertemuan petinggi dua negara. Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in telah dua kali bertemu di Panmunjom.

Tujuan dari kesepakatan ini adalah menurunkan ketegangan antar kedua negara. Sebelumnya beberapa waktu lalu, pasukan Korsel dan Korut sama-sama menyingkirkan sekitar 800 ribu ranjau darat di sepanjang DMZ.


Baca: Korsel dan Korut Bersama-sama Singkirkan Ranjau Darat

"Dua Korea dan UNC (Komando Negara Bersatu) sepakat untuk menarik persenjataan dan pos militer dari JSA pada 25 Oktober," ujar Kementerian Pertahanan Korsel di Seoul, seperti dikutip dari kantor berita BBC, Senin 22 Oktober 2018. JSA merujuk pada Area Keamanan Gabungan yang merupakan nama lain dari Panmunjom.

"Untuk dua hari kedepan, ketiga pihak akan melakukan verifikasi gabungan di JSA," lanjutnya. Ketiga pihak juga mengonfirmasi berakhirnya operasi penyingkiran ranjau darat di JSA.

Sementara itu, sekelompok pejabat Korut bertolak ke Rusia di tengah spekulasi Kim berencana mengunjungi negara tersebut. Dia diperkirakan pergi ke Moskow bulan ini atau awal November mendatang.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id