Laporan dari Singapura

Trump akan Hentikan Latihan Perang di Semenanjung Korea

Marcheilla Ariesta 12 Juni 2018 16:15 WIB
korea utaraAmerika Serikat-Korea Utara
Trump akan Hentikan Latihan Perang di Semenanjung Korea
Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Kim Jong-un di Singapura, 12 Juni 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Singapura: Amerika Serikat akan menghentikan latihan militer gabungan dengan Korea Selatan di Semenanjung Korea, ungkap Presiden Donald Trump dalam konferensi pers usai pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, Selasa 12 Juni 2018.

AS dan Korsel selama ini kerap melakukan latihan militer gabungan di Semenanjung Korea, yang hampir selalu membuat Korut geram.

"Kami akan menghentikan latihan gabungan, yang tentunya menghemat biaya dalam jumlah besar," tutur Trump kepada awak media.


Tidak hanya itu, Trump juga mengaku tengah mempertimbangkan untuk menarik pasukan AS yang disiagakan di Korsel.

Dengan tidak adanya latihan gabungan, diharapkan Korut dapat segera melakukan denuklirisasi demi stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Baca: Korut Komitmen Selesaikan Denuklirisasi di Semenanjung Korea

Trump menegaskan proses menuju denuklirisasi itu akan segera dilakukan dalam waktu dekat. 

Ia menambahkan, Kim juga telah mengatakan kepada dirinya bahwa Korut berjanji akan menghancurkan sebuah situs uji coba mesin roket.

Mengenai isu hak asasi manusia, yang dinilai sejumlah pengamat akan diangkat dalam pertemuan, Trump mengaku telah membahasnya dengan Kim. "Kami mendiskusikannya hari ini," sebut Trump. "Isu ini cukup sulit, tapi kami akan melakukan sesuatu untuk mengatasinya," lanjut dia.

Pertemuan Trump dan Kim di Hotel Capella diakhiri dengan penandatanganan dokumen. Trump menyebut dokumen tersebut cukup "komprehensif" dan memuat berbagai isu penting seperti denuklirisasi.

 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id