Korut Komitmen Selesaikan Denuklirisasi di Semenanjung Korea
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un sepakati denuklirisasi (Foto: AFP).
Singapura: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un telah menandatangani dokumen kesepakatan pertemuan tersebut. Terdapat empat poin utama yang disetujui kedua pemimpin negara, salah satunya mengenai denuklirisasi.
 
Baca juga: Dokumen Tanda Berakhirnya Pertemuan Trump-Kim Jong-un.
 
Disebutkan kedua negara bergabung dalam upaya perdamaian yang abadi dan stabilitas di Semenanjung Korea.
 
"Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom pada 27 April 2018, Korea Utara berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea," demikian salah satu poin yang ditulis dalam deklarasi tersebut.
 
Berdasarkan hal ini, Korea Utara setuju untuk mengakhiri perang Korea yang terjadi pada 1950 hingga 1953.
 
Sementara itu, tiga poin lainnya adalah AS dan Korut berkomitmen membangun hubungan baru. Hal ini sesuai dengan keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.
 
AS dan Korut juga berkomitmen memulihkan hubungan dengan pemulangan segera para tahanan perang yang sudah diidentifikasi.
 
Dokumen ini menyatakan negosiasi lanjutan akan dipimpin Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korut. "Pertemuan akan dilakukan sedini mungkin," kata Trump.
 
Baca juga: Kim: Bekerja Sama dengan Trump, Semua akan Lebih Baik.
 
Sementara itu, usai melakukan penandatanganan, Kim Jong-un mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Amerika Serikat.
 
"Korea Utara akan melupakan masa lalu dan biar dunia melihat perubahan besar yang akan terjadi di dunia ini," ucap Kim.
 
Trump sendiri menuturkan bahwa pertemuan mereka berjalan lebih baik dari yang diharapkan. "Tak ada yang bisa mengharapkan ini terjadi," tukasnya.

 
 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id