Dokumen Tanda Berakhirnya Pertemuan Trump-Kim Jong-un
Presiden AS Donald Trump perlihatkan dokumen yang ditandatangani bersama Kim Jong-un (Foto: AFP).
Singapura: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akhirnya menandatangani sebuah dokumen.
 
Baca juga: Pertemuan Usai, Trump dan Kim Jong-un akan Tandatangani Dokumen.
 
"Dokumen ini sangat penting dan cukup komprehensif ," kata Trump kepada awak media di Hotel Capella, Singapura, Selasa 12 Juni 2018.
 
Trump mengatakan dokumen tersebut sangat penting bagi kelanjutan hubungan kedua negara. Presiden AS tersebut akan memberikan detail mengenai dokumen tersebut kepada media Gedung Putih di Hotel Capella.
 
Rencananya jumpa pers akan dilakukan pukul 14.30 waktu Singapura.
 
Penandatangan terjadi menggunakan meja yang pernah dipakai sekali oleh Hakim Agung Singapura. Furnitur ini dirancang pada 1939 oleh perajin lokal untuk gedung bekas Mahkamah Agung dan sekarang dipinjamkan ke Kedutaan AS untuk pertemuan tingkat tinggi ini.
 
Informasi sebelumnya mengatakan selain denuklirisasi, empat isu penting lain yang dibahas kedua pemimpin dan delegasi adalah mengenai penghentian perang Korea, hak asasi manusia, keamanan dan normalisasi hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Korut.
 
Penandatangan dokumen ini sempat tertunda hampir satu jam. Sebelumnya Trump sudah memberi petunjuk dirinya dan Kim akan menandatangani sebuah dokumen.
 
"Pertemuan tadi luar biasa, dan saat ini kita akan bersiap untuk mendatangani sebuah dokumen," ucap Trump.
 
Baca juga: Kim: Bekerja Sama dengan Trump, Semua akan Lebih Baik.
 
Sementara itu, Kim Jong-un tidak mengatakan apapun dan hanya tersenyum. Trump kemudian menambahkan dirinya akan mengumumkan dalam beberapa saat.
 
Trump sempat membawa pemimpin Korut tersebut melihat mobilnya. Usai memamerkan isi mobilnya, Trump dan Kim terlihat membicarakan sesuatu dan berakhir dengan keduanya masuk ke ruang terpisah.

 
 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id