Anwar Ibrahim (kiri) dan PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: Twitter Anwar Ibrahim)
Anwar Ibrahim (kiri) dan PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: Twitter Anwar Ibrahim)

Mahathir Harus Pimpin Malaysia Hingga Waktu yang Disepakati

Internasional malaysia politik malaysia
Sonya Michaella • 03 Januari 2019 08:20
Kuala Lumpur: Diisukan segera menggantikan Mahathir Mohamad menjadi perdana menteri, pejuang reformasi Malaysia Anwar Ibrahim tak menjawab. Ia hanya mengatakan, Mahathir harus diberi ruang untuk memimpin sampai waktu yang telah disepakati.

Bertemu dengan PM Mahathir selama satu jam, Anwar mengaku telah sepakat untuk memfokuskan pemerintahan kepada ekonomi, terutama yang berkaitan dengan kemiskinan.

"Tun M harus diberi ruang untuk memimpin pemerintahan sampai waktu yang telah disepakati sejak awal," kata Anwar, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 3 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pasalnya, ada indikasi bahwa Mahathir akan menyerahkan jabatannya kepada Anwar, meski belum ada kepastian dari koalisi Pakatan Harapan.  Baca: Mahathir Disebut akan Serahkan Jabatan ke Anwar Ibrahim

"Dia mendapat dukungan penuh dari Pakatan Harapan untuk menjalankan pemerintahan Malaysia," lanjut dia.

Anwar, yang pernah menjadi Wakil PM semasa Mahathir menjabat di periode sebelumnya, dijebloskan ke penjara dengan tuduhan sodomi. Tuduhan ini pun bermotif politik.

Sebelumnya, ia dipecat dari UMNO dan juga dari jabatannya sebagai Wakil PM dan mulai memperjuangkan reformasi Negeri Jiran, menentang pemerintahan Mahathir kala itu

PM Mahathir, yang dulu berada di kubu Barisan Nasional dan UMNO, memutuskan keluar dan mendirikan partai oposisi bernama Pakatan Harapan dan ia bersatu kembali dengan Anwar untuk membuktikan bahwa mantan PM Najib Razak terkait dengan skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). 



(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi