PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)
PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)

Mahathir Disebut akan Serahkan Jabatan ke Anwar Ibrahim

Internasional politik malaysia
Sonya Michaella • 31 Desember 2018 10:06
Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengindikasikan bahwa ia akan menyerahkan jabatan PM kepada Anwar Ibrahim, pejuang reformasi Malaysia. Keputusan Mahathir ini kabarnya telah disetujui oleh aliansi Pakatan Harapan.
 
Aliansi Pakatan Harapan terdiri dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia, Parti Keadilan Rakyat, Parti Aksi Demokratik dan Parti Amanah Negara.
 
Menghadiri pertemuan tahunan Parti Pribumi Bersatu Malaysia, secara tersirat, Mahathir ingin Anwar melanjutkan tugasnya sebagai PM, sebagaimana janjinya terdahulu yang hanya akan memerintah selama dua tahun untuk memulihkan ekonomi Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami telah mewarisi pemerintahan korup dari Najib Razak dan memulihkannya bukanlah tugas yang mudah. Semua butuh waktu," kata Mahathir, dikutip dari Strait Times, Senin 31 Desember 2018.
 
Baca:Rencana Mahathir Mohamad Singkirkan Najib Razak
 
Mahathir menambahkan, prioritas Pakatan Harapan saat itu adalah menggulingkan Najib Razak, bukan menduduki jabatan PM.
 
"Saya harus menerima syarat untuk menyingkirkan Najib dan kami tidak bisa melakukan apa pun selama Najib berkuasa," ujar dia.
 
Ketika memenangi pemilu Mei 2018 kemarin, Mahathir pun langsung mengupayakan pengampunan untuk Anwar, yang saat itu masih mendekam di penjara dengan tuduhan sodomi.
 
Kala itu, Koalisi Pakatan Harapan berhasil memenangi mayoritas kursi di parlemen. Sebagai oposisi mereka berhasil melebihi batas minimal kursi suara untuk perdana menteri yaitu 122 per 222 kursi yang tersedia. Koalisi oposisi ini melewati batas minimal 112 kursi.
 
Hal ini merupakan sejarah bagi rakyat malaysia yang sekitar 60 tahun hidup di bawah rezim koalisi petahana Barisan Nasional.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif