Partai Thai Raksa Chart memperlihatkan dokumen berisi data diri Putri Ubolratana di Bangkok, Thailand, 8 Februari 2019. (Foto: AFP/THAI NEWS PIX/KRIT PHROMSAKLA NA SAKOLNAKORN)
Partai Thai Raksa Chart memperlihatkan dokumen berisi data diri Putri Ubolratana di Bangkok, Thailand, 8 Februari 2019. (Foto: AFP/THAI NEWS PIX/KRIT PHROMSAKLA NA SAKOLNAKORN)

Kakak Raja Thailand Resmi Dicoret dari Kandidat PM

Internasional thailand raja thailand
Willy Haryono • 11 Februari 2019 19:06
Bangkok: Putri Kerajaan Thailand Ubolratana Mahibol resmi didiskualifikasi dari pencalonannya untuk posisi Perdana Menteri dalam pemilihan umum pada Maret mendatang. Pencoretan nama Putri Ubolratana dilakukan Komisi Pemilihan Umum Thailand (EC), Senin 11 Februari 2019.
 
Beberapa hari sebelumnya, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menyebut pencalonan diri kakaknya itu bertentangan dengan "tradisi dan adat istiadat" negara. Partai pengusung Putri Ubolratana, Thai Raksa Chart, mematuhi larangan raja tersebut.
 
"Hari ini, EC telah mengumumkan nama-nama kandidat PM dari partai Thai Raksa Chart yang tidak meliputi Putri Ubolratana," ujar komisi tersebut, seperti dilansir dari laman AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alasan pencoretan adalah karena semua anggota keluarga kerajaan berada di atas politik," sambungnya.
 
Selama ini, keluarga kerajaan Thailand selalu menjauh dari urusan politik. Namun setiap perkataan kerajaan bersifat absolut, sehingga partai Thai Raksa Chart pun tidak dapat menentangnya.
 
Putri Ubolratana sempat membela diri dalam pencalonannya. Dalam tulisan di media sosial Instagram, dia menekankan bahwa dia telah menanggalkan semua status monarki dan kini hidup sebagai warga biasa.
 
Dia mengaku ingin menggunakan haknya sebagai warga biasa untuk mencalonkan diri menjadi kandidat PM. Putri Ubolratana mengatakan dirinya akan bekerja tulus dan penuh determinasi demi kesejahteraan seluruh masyarakat Thailand.
 
Baca:Putri Thailand Tiba-tiba Calonkan Diri sebagai Perdana Menteri
 
Namun Raja Vajiralongkorn menegaskan Putri Ubolratana akan selalu menjadi bagian dari keluarga kerajaan meski sudah menanggalkan statusnya. Setelah raja mengecam pencalonan diri kakaknya itu, beredar rumor bahwa Thai Raksa Chart akan dibubarkan.
 
Muncul pula rumor lainnya yang menyebutkan kemungkinan adanya kudeta terhadap pemimpin junta militer saat ini, Prayut Chan-o-Cha.Namun Prayut dengan cepat membantahnya, dan mengatakan rumor yang sempat marak beredar di media sosial Thailand itu sebagai "berita palsu."

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi