Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir dikabarkan masih berada di Prancis. (Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga).
Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir dikabarkan masih berada di Prancis. (Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga).

Kemenlu Tak Mengetahui Keberadaan Sofyan Basir di Prancis

Internasional Korupsi PLTU Riau-1
Marcheilla Ariesta • 25 April 2019 12:31
Jakarta: Kementerian Luar Negeri tidak mengetahui keberadaan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir di Prancis. Tersangka kasus korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uang Mulut Tambang Riau-1 itu dikabarkan berada di Paris untuk keperluan dinas.
 
Baca juga: KPK Tunggu Sofyan Basir Kembali dari Luar Negeri.
 
"Tentunya saat ini saya belum tahu di mana keberadaan yang bersangkutan," kata Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arrmanatha mengatakan sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang bepergian ke luar negeri tidak perlu melapor ke Kedutaan Besar RI di sana.
 
"Memang diimbau dan disarankan untuk melapor jadi keberadaan persisnya apakah itu di Paris dan sebagainya, kita tidak tahu," imbuhnya.
 
Arrmanatha menambahkan, hingga pagi ini belum ada kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai keberadaan Sofyan Basir di sana.
 
"Sampai saat ini belum ada, saya harus cek per pagi ini, namun hingga kemarin tidak ada permintaan dari KPK untuk mencari tahu dia ada di mana," terang Arrmanatha.
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPU) menetapkan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir, sebagai tersangka kasus korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uang Mulut Tambang Riau-1.
 
Baca juga: Sofyan Basir Segera Diperiksa Sebagai Tersangka.
 
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan Sofyan diduga menerima suap dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk memuluskan PT Samantaka Batubara mendapatkan proyek PLTU Riau-1. "Tersangka diduga mendapat jatah yang sama besar seperti (yang diterima) Eni Maulani Saragih," kata Saut.
 
Menurut pengacara Sofyan, Soesilo Aribowo, kliennya sedang berada di Paris sejak pekan lalu. KPK memang belum meminta Imigrasi mencegah Sofyan ke luar negeri.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif