Pasien virus korona yang dirawat di sebuah rumah sakit di Wuhan, Tiongkok. Foto: AFP
Pasien virus korona yang dirawat di sebuah rumah sakit di Wuhan, Tiongkok. Foto: AFP

Tiongkok Temukan Bayi dalam Kandungan Terinfeksi Korona

Internasional Virus Korona tiongkok
Fajar Nugraha • 06 Februari 2020 13:40
Wuhan: Seorang bayi di Tiongkok yang lahir dari seorang pasien virus korona di Wuhan telah didiagnosis dengan virus mematikan itu. Hasil pemeriksaan didapat 30 jam setelah bayi dilahirkan.
 
Para dokter di Negeri Tirai Bambu sekarang khawatir infeksi itu bisa ditularkan dari ibu ke bayi mereka di dalam rahim. Berita itu muncul setelah para ahli mengklaim bahwa virus itu mungkin juga disebarkan oleh feses atau sejumlah kecil makanan yang tidak dapat diproses di perut.
 
Anak yang terinfeksi, yang jenis kelaminnya belum terungkap, lahir di Wuhan pada Minggu Februari. Ibunya telah dipastikan terinfeksi virus korona sebelum melahirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas medis memberi bayi tes 30 jam kemudian dan hasilnya ternyata positif. Bayi itu kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Anak Wuhan, yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk merawat semua anak yang terinfeksi. Pihak rumah sakit menegaskan kondisi bayi tiga hari itu stabil dan sedang diawasi dengan ketat.
 
“Ini mengingatkan kita untuk memperhatikan potensi rute penularan baru dari virus korona. Terutama penularan vertikal dari ibu ke bayi,” kata Dr Zeng Lingkong, Kepala Dokter dari Departemen Pengobatan Neonatal, Rumah Sakit Anak Wuhan, seperti dikutip AFP, Kamis 6 Februari 2020.
 
Bayi baru lahir ini adalah satu dari dua bayi yang diketahui terinfeksi virus korona oleh Rumah Sakit Anak Wuhan. Bayi lainnya didapati sakit setelah lahir sehat pada 13 Januari.
 
Pihak rumah sakit mengatakan, keluarga bayi itu menyewa seorang perawat untuk merawatnya pada 22 Januari. Tetapi perawat yang itu didiagnosis mengidap virus korona tidak lama kemudian.
 
Ibu bayi ditemukan terinfeksi virus korona pada 26 Januari dan bayi mulai batuk dan demam tiga hari kemudian. Anak itu didiagnosis dengan virus pada 31 Januari setelah dokter memberikan serangkaian pemeriksaan medis.
 
Petugas medis belum mengonfirmasi apakah bayi itu telah menangkap virus dari ibunya atau pengasuhnya.
 
Hingga saat ini korban tewas akibat virus korona mencapai 565 jiwa dan 28.289 warga lainnya dilaporkan terinfeksi. Sementara 1.219 warga berhasil sembuh dari virus tersebut.
 


 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif