KTT AS-Korut di Hanoi, Vietnam. (Foto: AFP).
KTT AS-Korut di Hanoi, Vietnam. (Foto: AFP).

Kim Jong-un: Pertemuan ini Seperti Film Fantasi

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella, Marcheilla Ariesta • 28 Februari 2019 10:35
Hanoi: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan banyak yang menganggap pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan terjadi. Namun, kini keduanya telah bertemu untuk kedua kalinya di dua negara Asia Tenggara.
 
“Saya yakin semua yang menonton kita duduk bersama, berdampingan, seolah-olah mereka menonton film fantasi,” kata Kim yang duduk di sebelah Trump, Hanoi, Kamis 28 Februari 2019.
 
Sementara itu, Trump mengatakan akan membantu Korut untuk menjadikannya kekuatan ekonomi. Menurut Trump, hal tersebut akan menjadi sesuatu yang istimewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan tidak akan terburu-buru merealisasikan kesepakatan yang akan menjadi hasil dari pertemuan ini. “Saya sudah mengatakan sejak awal bahwa kecepatan tidak terlalu penting bagi saya. Yang terpenting adalah kita melakukan kesepakatan yang benar,” imbuh dia.
 
Baca:Trump dan Kim Jong-un Tiba di Hotel Metropole Vietnam
 
Awalnya, usai berbincang singkat dengan awak media, kedua pemimpin akan melanjutkan obrolan di tepi kolam. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena cuaca yang panas dan lembab di Hanoi, ibu kota Vietnam.
 
Baca:Trump: AS akan Bantu Korut jadi Kekuatan Ekonomi
 
Badan cuaca Vietnam melaporkan, suhu di ibu kota saat ini mencapai 23 derajat celcius dengan kelembaban 93 persen.
 
Alasan Trump memilih Vietnam sebagai tempat pertemuan kedua karena dianggap memiliki kontrol keamanan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat saat Vietnam berhasil menjadi tuan rumah pertemuan Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik dan World Economic Forum beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, Vietnam merupakan salah satu rekan AS di Asia. AS dan Vietnam menormalkan hubungan pada 1995, berpuluh-puluh tahun usai berakhirnya Perang Vietnam.
 
Selama seperempat abad berikutnya, hubungan ekonomi dan perdagangan AS-Vietnam tumbuh. Selain itu, Vietnam juga dianggap sebagai model untuk Korut.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif