Pertemuan kedua Trump dan Kim di Hanoi. (Foto: AFP).
Pertemuan kedua Trump dan Kim di Hanoi. (Foto: AFP).

Trump: AS akan Bantu Korut jadi Kekuatan Ekonomi

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella, Marcheilla Ariesta • 28 Februari 2019 09:55
Hanoi: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan membantu Korea Utara (Korut) untuk menjadikannya kekuatan ekonomi. Pernyataan ini disampaikan pada hari kedua pertemuan tingkat tinggi AS-Korut di Hanoi, Vietnam.
 
“Saya pikir itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa,” katanya sembari duduk di samping pemimpin Korut Kim Jong-un, Kamis 28 Februari 2019.
 
Sementara itu, Kim, lewat penerjemahnya mengatakan seluruh dunia tengah melihat pertemuan keduanya dengan Trump. “Saya harap ini akan menjadi dialog yang luar biasa,” tutur Kim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump menambahkan, pihaknya tidak terburu-buru unutk mencapai kesepakatan dengan Pyongyang. Dia menyampaikan akan melihat proses dari kesepakatan tersebut.
 
“Saya sudah mengatakan sejak awal bahwa kecepatan tidak terlalu penting bagi saya. Yang penting adalah kita melakukan kesepakatan yang benar,” imbuhnya.
 
Menurut dia, kedua pihak bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa. Meski demikian, dia masih belum mau membicarakan hasil pertemuan puncak hari ini.
 
“Saya yakin, selama bertahun-tahun ke depan, kami (AS-Korut) akan sering bersama,” tegasnya.
 
Pertemuan kedua Trump dan Kim mengambil tempat di Hanoi, ibu kota Vietnam. Hotel Metropole di Hanoi menjadi saksi sejarah pertemuan yang kedua antara pemimpin Korut dan AS ini.
 
Baca:Trump dan Kim Jong-un Tiba di Hotel Metropole Vietnam
 
Hotel tersebut diketahui sebagai satu dari beberapa hotel mewah di Vietnam. Metropole kerap digunakan untuk pertemuan para pejabat dalam dan luar negeri.
 
Semalam, Trump dan Kim melakukan makan malam bersama di Metropole. Kim mengatakan sudah 261 hari sejak pertemuan pertama mereka di Singapura.
 
Dia mengatakan masih banyak yang harus didiskusikan dengan Amerika. Meski demikian, semua proses berjalan dengan baik walaupun ada beberapa kesalahpahaman.
 
Kedua pemimpin memulai pertemuan bilateral pada pukul 09.45 waktu setempat dan akan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Rencananya, pukul 14.05 Trump dan Kim akan menandatangani sejumlah kesepakatan, meski demikian masih belum diketahui apa saja yang akan dibahas.
 
Sementara itu, pada pukul 15.50, keduanya akan menggelar konferensi pers di Hotel Metropole, tempat keduanya bertemu.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif