Warga berjalan di sisa-sisa bangunan yang rusak diterjang tsunami Selat Sunda di Sumur, Pandeglang, Banten, Kamis 3 Januari 2019. (Foto: Antara/SIGID KURNIAWAN)
Warga berjalan di sisa-sisa bangunan yang rusak diterjang tsunami Selat Sunda di Sumur, Pandeglang, Banten, Kamis 3 Januari 2019. (Foto: Antara/SIGID KURNIAWAN)

Taiwan Apresiasi Penyelamatan Lima Warganya di Selat Sunda

Internasional indonesia-taiwan Tsunami di Selat Sunda
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2019 13:26
Jakarta: Taiwan berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang membantu menyelamatkan lima warganya saat tsunami menerjang Selat Sunda pada Desember 2018.
 
"Ada lima warga kami yang terjebak di tempat tsunami terjadi saat itu. Mereka dibantu untuk keluar dan dibawa ke tempat tinggi oleh warga sekitar serta lembaga bantuan bencana," kata Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office di Indonesia (TETO) John Chen, di Jakarta, Selasa 22 Januari 2018.
 
"Saya berterima kasih atas bantuan Anda semua dan juga Pemerintah Indonesia dalam menyelamatkan warga kami," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


John Chen menuturkan, usai diungsikan ke tempat tinggi, kelima warga Taiwan itu langsung mendapat perawatan medis. "Kini mereka telah kembali pulang," tambahnya.
 
Karena itu, Chen mengunjungi kantor pusat Palang Merah Indonesia untuk menyampaikan balas budi dalam bentuk kepedulian terhadap korban terdampak tsunami di Selat Sunda. Mewakili Taiwan, dia menyerahkan bantuan USD500 ribu atau sekitar Rp7,1 miliar untuk membantu rekonstruksi daerah terdampak tsunami Selat Sunda.
 
Baca:Taiwan Sumbang Rp7,1 miliar untuk Korban Tsunami Selat Sunda
 
Penyerahan donasi diterima langsung Pelaksana Tugas Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita.
 
Ginandjar menghaturkan terima kasih atas bantuan tersebut. Saat ini, PMI masih terus menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terdampak bencana di Banten dan Lampung.
 
Taiwan Apresiasi Penyelamatan Lima Warganya di Selat Sunda
John Chen (kiri) bersama Ginandjar Kartasasmita di Jakarta. (Foto: Marcheilla Ariesta)
 
Data PMI mencatat sekitar 640 personel telah diturunkan untuk menangani musibah tsunami di Selat Sunda. Mereka semua berkoordinasi dengan lembaga bantuan lain dalam melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.
 
PMI juga hadir memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan bagi warga korban tsunami. Bantuan itu berupa matras, masker, alat-alat kebersihan, selimut, perlengkapan bayi dan lainnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif