Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Sempat Ditahan di Thailand, 11 Nelayan WNI Pulang ke Aceh

Internasional thailand perlindungan wni wni ditangkap
Sonya Michaella • 10 April 2019 12:17
Banda Aceh: Setidaknya 11 nelayan asal Aceh yang sempat ditahan aparat keamanan Thailand, telah tiba di Tanah Air. Mereka dilaporkan telah tiba di Pelabuhan Idi sekitar pukul 23.30 WIB.
 
Mereka ditahan karena diduga melakukan pelanggaran batas wilayah. Para WNI tersebut ditahan beserta kapal yang digunakan, KM Harapan Baroe 01. Kapal ini masuk ke perairan Thailand sekitar 30 mil jauhnya.
 
"11 awak kapal dilaporkan sehat dan kondisi Kapal KMHB 01 dalam keadaan baik," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal, Rabu 10 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:KJRI Songkhla Berhasil Bebaskan 11 Nelayan RI di Thailand
 
Selain karena memasuki perairan Thailand tanpa izin, penangkapan juga dilakukan karena perairan tersebut telah dinyatakan steril sementara waktu. Pasalnya, perairan itu sedang digunakan untuk latihan militer oleh Angkatan Bersenjata Thailand.
 
Pelepasan para nelayan secara resmi dilakukan langsung oleh Komandan Royal Thai NAVY (RTN) Phang Ngah, Thailand, Laksamana Muda Nataphon Malarat.
 
Pembebasan 11 nelayan ini dilakukan oleh KJRI Songkhla yang meyakinkan aparat Thailand bahwa mereka tidak melanggar batas wilayah.
 
"Kita mencoba meyakinkan otoritas Thailand bahwa mereka tidak sengaja memasuki perairan Thailand, tetapi terdampar akibat kerusakan mesin dan minimnya peralatan navigasi," ungkap Konjen RI untuk Songkhla Fachri Sulaeman.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif