Paus Fransiskus (kanan) berbicara dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Vatikan pada 18 Oktober 2018. (Alessandro DI MEO / POOL / AFP)
Paus Fransiskus (kanan) berbicara dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Vatikan pada 18 Oktober 2018. (Alessandro DI MEO / POOL / AFP)

Paus Fransiskus Masih Bersedia Kunjungi Korea Utara

Internasional paus fransiskus kim jong-un korea utara korea selatan vatikan
Willy Haryono • 26 April 2021 17:03
Seoul: Paus Fransiskus menekankan kembali kesediaannya untuk mengunjungi Korea Utara, ucap seorang uskup senior Korea Selatan pada Senin, 26 April 2021. Fransiskus dikabarkan khawatir terhadap penderitaan masyarakat dua Korea yang hidup terpisah selama lebih kurang 70 tahun.
 
Uskup Lazarus You Heung-sik, yang memimpin keuskupan Daejeon, mengatakan kepada kantor berita Yonhap News Agency pada Sabtu kemarin bahwa Fransiskus mengutarakan kembali kesediaannya untuk mengunjungi Korut dalam sebuah pertemuan di Vatikan.
 
You mengatakan bahwa Fransiskus menyerukan agar warga dua Korea yang terpisah dalam perang 1950-1953 dapat "hidup bersama" suatu hari nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fransiskus mengatakan bahwa ia siap mengunjungi Korut jika semua persiapan relevan telah selesai. Ia juga sekali lagi menekankan kesediaannya pergi ke Pyongyang jika pemimpin Korut Kim Jong-un mengirim undangan resmi.
 
Wacana kunjungan Fransiskus ke Korut mendapat momentum pada 2018. Kala itu, ketegangan di Semenanjung Korea menurun karena adanya rangkaian konferensi tingkat tinggi antar-Korea serta pertemuan langsung antara Donald Trump dan Kim Jong-un.
 
Pada Oktober 2018, Korsel mengatakan bahwa Kim telah mengundang Fransiskus untuk mengunjungi Pyongyang. Presiden Korsel Moon Jae-in kemudian menyampaikan pesan itu kepada Fransiskus di Vatikan.
 
Merespons pesan Moon, Fransiskus menegaskna bahwa ia akan pergi ke Korut, namun ingin terlebih dahulu ada undangan resmi dari Kim.
 
Korut dan Vatikan sejauh ini tidak memiliki hubungan bilateral resmi. Fransiskus mengujungi Korsel pada 2014, yang merupakan kunjungan perdananya ke Asia sebagai pemimpin Vatikan.
 
Baca:  Paus Fransiskus Doakan Perdamaian Semenanjung Korea
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif