Indonesia menjadi satu-satunya partisipan asing dalam acara Seafood Show Osaka 2022. (KJRI Osaka)
Indonesia menjadi satu-satunya partisipan asing dalam acara Seafood Show Osaka 2022. (KJRI Osaka)

Indonesia Hadirkan Produk Perikanan Unggulan di Seafood Show Osaka 2022

Willy Haryono • 13 April 2022 19:57

 
Sementara itu, Mr. Toshiro Shirasu selaku President Japan Fisheries Association mengapresiasi keragaman produk perikanan Indonesia yang ditampilkan dalam pameran ini.
 
"Kami berharap para peserta bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam keikutsertaannya di event ini. Panitia juga telah mempromosikan pavilion Indonesia dalam website sehingga akan lebih banyak buyer yang tertarik berbisnis dengan pelaku usaha Indonesia," ujar Mr Shirasu.

Dalam kesempatan terpisah, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara pemasok hasil kelautan dan perikanan (HS 03 Fish and crustaceans, Molluscs and other aquatic inverterbrates) ke-11 bagi Jepang dengan market share sebesar 4 persen. Total nilai transaksi ekspornya pada tahun 2021 tercatat sebesar USD 433,8 juta atau meningkat 3,19% dibanding nilai transaksi tahun 2020.
 
"Jepang merupakan negara tujuan utama ekspor yellowfin tuna segar dan dingin asal Indonesia. Sejak 2018, kontribusi ekspor ke Jepang selalu di atas 80% dari total ekspor Indonesia ke seluruh dunia," ungkap Dirjen Didi.
 
Peningkatan pangsa pasar yellowfin tuna segar dan dingin asal Indonesia di Jepang terus ditingkatkan melalui inovasi produk, salah satunya dengan memperkenalkan yellowfin tuna kiriotoshi/cut off yang hadir dalam pavilion Indonesia.
 
Melalui keikutsertaan dalam pameran ini, KJRI dan ITPC Osaka serta Atdag KBRI Tokyo melakukan sosialisasi pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2022 yang akan digelar secara offline pada 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD City, serta 19-19 Desember 2022 secara virtual. Diharapkan akan lebih banyak pembeli dan importir yang berkunjung ke Indonesia sekaligus meningkatkan kerja sama perdagangan maupun investasi kedua negara.
 
Pameran ini juga menjadi tindaklanjut dari pelaksanaan Foodex Tokyo 2022 dan menjadi rangkaian promosi yang dilakukan oleh Perwadag RI di Jepang (Atdag dan ITPC), khususnya untuk produk makanan minuman termasuk produk perikanan Indonesia.
 
Salah satunya adalah CV. Anugerah Artha Abadi, sebagai peserta program Export Coaching Program (ECP) Kementerian Perdagangan, juga turut menampilkan produk surimi dari Ikan toyori asal Jawa Timur.
 
Jepang merupakan salah satu negara yang mengkonsumsi produk perikanan terbesar di dunia dengan total nilai impornya dari seluruh dunia lebih dari USD 9,9 miliar. Oleh karena itu, partisipasi Indonesia dalam pameran ini menjadi langkah tepat untuk meningkatkan volume ekspor produk perikanan Indonesia ke Jepang.
 
Partisipasi Indonesia pada ajang ini terselenggara berkat kerja sama Kementerian Kementerian Luar Negeri dengan Kementerian Perdagangan (KJRI Osaka, KBRI Tokyo, dan ITPC Osaka).
 
Baca:  KKP Kebut Pembangunan 5 Sentra Perikanan Pakai Dana Hibah Jepang
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WIL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan