Pendiri Alibabab, Jack Ma menghilang sejak Oktober 2020. Foto: AFP
Pendiri Alibabab, Jack Ma menghilang sejak Oktober 2020. Foto: AFP

Ini Alasan Jack Ma Tidak Muncul di Publik Sejak Oktober

Internasional alibaba tiongkok Jack Ma
Fajar Nugraha • 06 Januari 2021 13:07
Beijing: Kepastian mengenai keberadaan pendiri Alibaba, Jack Ma masih belum diketahui. Namun jurnalis CNBC International David Faber melaporkan kondisinya.
 
“Miliuner tersebut tidak hilang, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Sebaliknya, Ma telah berbohong untuk saat ini,” ujar Faber, seperti dikutip dari CNBC International, Rabu 6 Januari 2021.
 
Berbagai media dunia melaporkan minggu ini bahwa Ma belum terlihat di depan umum sejak dia berbicara di sebuah forum pada akhir Oktober. Ada kesan bahwa hilangnya Ma terkait sikap kritisnya terhadap pemerintah Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak lama berkomentar kritis, penawaran umum dari Ant Group milik Ma ditangguhkan oleh bursa saham di Shanghai dan Hong Kong. Padahal penawaran umum perdana itu memecahkan rekor. “Ma dan dua eksekutif Ant Group dipanggil dan diwawancarai oleh regulator di Tiongkok,” sebut Komisi Pengaturan Sekuritas China mengatakan dalam pernyataan November.
 
Kabar mengenai keberadaan Ma juga disampaikan oleh konsultan bisnis di Shanghai, Shaun Rein. Rein yang berbicara kepada Sky News mengaku bertemu dengan petinggi di Alibaba dan orang-orang yang mengenal Ma. Menurut Rein, tidak ada dari mereka yang mengatakan miliarder itu dalam masalah hukum.
 
"Mereka memukulnya. Dia sudah belajar dan kapok. Itulah mengapa dia diam selama dua bulan terakhir," kata Rein, pendiri China Market Research Group.
 
"Beberapa temannya mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak percaya betapa bodohnya dia,” jelas Rein.
 
Seorang mantan guru Bahasa Inggris, Ma yang kini berusia 56 tahun mendirikan apa yang kemudian menjadi platform e-commerce utama di Tiongkok pada 1999. Ini lima tahun setelah Amazon didirikan di AS.
 
Layanan pembayaran online Alibaba, Alipay, menyusul lima tahun kemudian, sebelum regulator di Tiongkok memberi lampu hijau untuk bisnis semacam itu. Meskipun upaya itu membuahkan hasil dan menjadikan Jack Ma salah satu miliuner paling terkenal di negara itu.
 
Namun, rencananya untuk mendaftarkan Ant Group di pasar saham tampaknya dibatalkan secara paksa setelah dia secara terbuka mengkritik regulator Negeri Tirai Bambu pada Oktober. Ma memperingatkan mereka bahwa mereka terlalu konservatif dan meminta mereka untuk mendukung inovasi.
 
Dia tidak pernah terlihat di depan umum sejak itu.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif