Jack Ma. Foto: AFP/Martin
Jack Ma. Foto: AFP/Martin

Sebelum Menghilang, Ternyata Ini Kritikan Jack Ma yang Bikin Berang Xi Jinping

Internasional alibaba tiongkok Jack Ma Xi Jinping
Adri Prima • 05 Januari 2021 15:06
Beijing: Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, dikabarkan menghilang selama dua bulan. Banyak spekulasi yang beredar soal keberadaan Jack Ma saat ini, pasalnya sebelum menghilang ia lebih dulu berkonflik dengan Pemerintah Tiongkok. 
 
Pada Oktober 2020, Jack Ma dengan lantang mengkritik sistem keuangan negeri Tirai Bambu. Mulai dari masalah regulasi hingga minimnya dukungan terhadap pendanaan inovasi perusahaan domestik. 
 
"Inovasi yang bagus tidak takut terhadap regulasi, tetapi takut terhadap regulasi yang usang. Perumpamaannya, jangan menggunakan sistem manajamen stasiun kereta api untuk meregulasi bandara komersil," kata Jack Ma dikutip dari Reuters, Selasa, 5 Januari 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Jack Ma juga menyerukan reformasi sistem keuangan. Bahkan, ia menyamakan peraturan perbankan yang diterapkan Tiongkok saat ini tak lebih dari sekadar "klub orang tua". Hal inilah yang yang sepertinya membuat pemerintah khususnya Presiden Xi Jinping begitu marah kepada pengusaha flamboyan berusia 56 tahun tersebut.
 
Pidato Jack Ma pada tanggal 24 Oktober 2020 itu menjadi momen terakhir dirinya berada di depan publik. Jack Ma yang juga dikenal aktif di Twitter juga sudah tak terlihat. Bahkan, ia juga sudah tidak lagi menjadi juri acara ‘Business Heroes’ Afrika, sebuah kontes TV untuk wirausahawan pemula.
 
Tak sampai di situ, sebelum dikabarkan menghilang, otoritas Tiongkok juga telah menindak kerajaan bisnis milik Jack Ma. Akhir Desember lalu, pemerintah China langsung melakukan penyelidikan antitrust ke Alibaba, perusahaan e-commerce yang dijuluki Amazon versi China. Pada November 2020, Tiongkok juga memperkenalkan regulasi dan peraturan baru yang menghentikan penawaran umum perdana perusahaan fintech Ma, Ant Group, yang juga milik Jack Ma.
 
(UWA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif