Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)

Taiwan Ajak Eropa Bersama-sama Lawan Otoritarianisme

Internasional Tiongkok uni eropa taiwan Tsai Ing-wen
Marcheilla Ariesta • 29 November 2021 12:51
Taipei: Taiwan dan Eropa harus bekerja sama untuk melawan otoritarianisme dan disinformasi. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan hal ini kepada anggota parlemen dari negara Baltik, seperti Lithuania, Latvia dan Estonia pada Senin, Senin, 29 November 2021.
 
Lithuania menghadapi tekanan berkelanjutan dari Tiongkok usai mengizinkan pembukaan kedutaan besar Taiwan secara de facto di ibu kotanya.
 
Beijing meningkatkan tekanan militer dan diplomatik agar Taiwan mau menerima kedaulatan Tiongkok atas pulau tersebut. Tidak hanya tekanan militer, Tiongkok juga membatasi partisipasi Taiwan di komunitas internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun hingga kini Taiwan tidak tunduk pada ancaman dan bertekad mempertahankan kebebasan demokrasinya.
 
Baca:  Presiden Tsai Tegaskan Taiwan Tak Akan Tunduk kepada Tiongkok
 
Tsai meminta negara-negara Baltik untuk berbagi pengalaman serupa dalam membebaskan diri dari pemerintahan otoriter dan berjuang untuk kebebasan.
 
"Demokrasi yang kita nikmati hari ini diperoleh dengan susah payah. Ini menjadi sesuatu yang paling kita pahami secara mendalam," kata Tsai, dilansir dari Malay Mail.
 
"Sekarang, dunia menghadapi tantangan yang ditimbulkan perluasan otoritarianisme dan ancaman disinformasi. Taiwan lebih dari bersedia untuk berbagi pengalaman dalam memerangi disinformasi dengan rekan-rekan Eropa kami," ucap Tsai.
 
Ia menegaskan, akan terus menjaga nilai bersama untuk memastikan cara hidup yang bebas dan demokratis.
 
Sementara itu, Matas Maldeikis, pemimpin Kelompok Persahabatan Taiwan parlemen Lithuania, mengatakan kepada Tsai sebagai tanggapan bahwa kelompok mereka berada di Taipei untuk mengekspresikan solidaritas mereka dengan pulau itu.
 
"Kebijakan pemerintah Lithuania terhadap Taiwan mendapat dukungan luas di masyarakat kita. Melestarikan kebebasan dan tatanan internasional berbasis aturan adalah kepentingan vital bagi Taiwan dan Lithuania," serunya.
 
Tsai menambahkan, ada banyak peluang kerja sama ekonomi dan budaya antara kedua negara tersebut. Namun sejauh ini belum ada satu pun negara Uni Eropa, termasuk Lithuania, yang menjalin hubungan resmi dengan Taiwan.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif