Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin. (GREG BAKER / AFP)
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin. (GREG BAKER / AFP)

Tiongkok Mengaku Sudah Tandatangani Pakta Keamanan dengan Kepulauan Solomon

Internasional Tiongkok Kepulauan Solomon
Willy Haryono • 19 April 2022 20:08
Beijing: Pemerintah Tiongkok mengaku telah menandatangani sebuah pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon, sebuah langkah yang dipastikan meningkatkan kekhawatiran Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat terkait pengaruh Negeri Tirai Bambu di kawasan.
 
"Pakta sudah ditandatangani Menteri Luar Negeri Wang Yi dan Menlu Kepulauan Solomon Jeremiah Manele," ucap juru bicara Kemenlu Tiongkok Wang Wenbin kepada awak media dalam konferensi pers rutin di Beijing, Selasa, 19 April 2022.
 
Dikutip dari The New Daily, ia tidak menyebutkan detail mengenai di mana dan kapan pakta keamanan tersebut ditandatangani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Australia khawatir pakta keamanan seperti itu, yang detailnya tidak disebutkan ke publik, dapat membuat kehadiran militer Tiongkok berada sekitar 2.000 kilometer dari Australia.
 
Baca: Kepulauan Solomon Tak Akan Izinkan Tiongkok Bangun Pangkalan Militer
 
Sebelumnya pada Selasa ini, Australia menerima informasi bahwa Tiongkok akan mengirim delegasi ke Kepulauan Solomon bulan depan untuk menandatangani beberapa pakta kerja sama.
 
Pekan kemarin, Menteri Pengembangan Internasional dan Pasifik Australia, Zed Seselja, mengunjungi Kepulauan Solomon. Ia meminta Perdana Menteri Manasseh Sogavare untuk tidak menandatangani pakta keamanan Tiongkok.
 
Senin lalu, Gedung Putih mengatakan sebuah delegasi tingkat tinggi Washington, termasuk koordinator Indo-Pasifik Kurt Campbell, akan pergi ke Kepulauan Solomon pekan ini untuk mendiskusikan kekhawatiran mengenai Tiongkok serta rencana pembukaan kembali kedutaan besar AS.
 
"Upaya yang disengaja untuk meningkatkan ketegangan dan memobilisasi kamp rival akan berakhir gagal," sebut Wang, saat ditanya mengenai rencana kunjungan AS ke Kepulauan Solomon.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif