Yoshihide Suga raih dukungan besar dari LDP untuk menggantikan Shinzo Abe. Foto: AFP
Yoshihide Suga raih dukungan besar dari LDP untuk menggantikan Shinzo Abe. Foto: AFP

Abe dan Suga, Dua Politikus Jepang dengan Latar Keluarga Berbeda

Internasional politik jepang PM Jepang Yoshihide Suga
Fajar Nugraha • 14 September 2020 19:08
Tokyo: Selama 7 tahun lebih Yoshihide Suga mendampangi Shinzo Abe yang menjabat Perdana Menteri Jepang. Posisinya sebagai Sekretaris Kabinet Jepang, dianggap krusial memberikan masukan untuk Abe.
 
Tetapi ada jurang pemisah antara Abe dan Suga. Latar belakang keluarga mereka sangat berbeda. Abe adalah politikus generasi ketiga dan cucu perdana menteri. Sementara Suga memiliki pendidikan yang biasa-biasa saja di pedesaan Prefektur Akita, bersama dengan dua kakak perempuan dan seorang adik laki-laki.
 
“Dia sangat pendiam sehingga tidak ada yang memperhatikannya,” kata Hiroshi Kawai, teman sekolah menengah yang sekarang bekerja sebagai pemandu wisata di kampung halaman, Kota Yuzawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami memiliki peribahasa seperti 'talenta hebat lambat menjadi dewasa' dan 'elang bijak menyembunyikan cakarnya,'" kata Kawai dalam sebuah wawancara telepon, kepada the New York Times, Senin, 14 September 2020.
 
“Sekarang, saya menyadari bahwa kata-kata itu diciptakan untuk Suga,” imbuhnya.
 
Menurut biografi Isao Mori, ayah Suga menyarankan agar dia bekerja di pertanian keluarga, tetapi politikus berusia 71 tahun itu memutuskan untuk pindah ke Tokyo. Dia melakukan pekerjaan serabutan, pertama di perusahaan karton dan kemudian mengemudikan truk turet di pasar ikan Tsukiji, sebelum mendaftar di Universitas Hosei.
 
Ketika memutuskan untuk mengejar karier politik, Suga tidak ada koneksi keluarga. Dia bahkan meminta pusat layanan karir untuk memperkenalkan seorang anggota parlemen.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif