Foto Shinzo Abe dipasang di kediaman Duta Besar Jepang untuk Prancis di kota Paris, 11 Juli 2022. (Michel Euler / POOL / AFP)
Foto Shinzo Abe dipasang di kediaman Duta Besar Jepang untuk Prancis di kota Paris, 11 Juli 2022. (Michel Euler / POOL / AFP)

Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe Digelar Akhir September

Willy Haryono • 20 Juli 2022 10:33
Tokyo: Pemerintah Jepang berencana menggelar pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe pada 27 September mendatang, menurut laporan kantor berita NHK pada Rabu, 20 Juli 2022.
 
Abe, seorang politikus Partai Demokratik Liberal Jepang (LDP), ditembak mati seorang pria usai berkampanye di Kota Nara pada 8 Juli lalu.
 
Lokasi pemakaman kenegaraan bagi Abe adalah Nippon Budokan, sebuah arena yang awalnya dibangun untuk Olimpiade Tokyo 1964, namun kini menjadi stadion populer untuk berbagai turnamen dan konser.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nippon Budokan juga kerap menjadi lokasi acara memorial untuk prajurit Jepang yang tewas di Perang Dunia II. Acara memorial semacam itu berlangsung setiap tanggal 15 Agustus.
 
Pada 12 Juli lalu, empat hari usai peristiwa penembakan di Nara, ribuan warga Jepang mengucapkan selamat tinggal ke arah mobil yang membawa jenazah Shinzo Abe di Tokyo.
 
Antrean panjang orang berpakaian hitam bercampur dengan warga berpakaian informal di luar kuil Zojoji di pusat kota Tokyo. Kuil itu akan menjadi tempat pemakaman Abe.
 
Pria 67 tahun itu tewas ditembak seorang pengangguran bernama Tetsuya Yamagami yang menggunakan senjata rakitan. Pembunuhannya mengejutkan seluruh Jepang dan dunia karena kejahatan senjata api sangat jarang terjadi di Negeri Sakura.
 
Baca:  Shinzo Abe Ditembak: Siapa Gereja Unifikasi dan Mengapa Mereka Menjadi Sorotan?
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif