Korea Utara isyaratkan akan kembali uji coba nuklir dan rudal balistik. Foto: AFP
Korea Utara isyaratkan akan kembali uji coba nuklir dan rudal balistik. Foto: AFP

Korea Utara Isyaratkan Mulai Kembali Uji Coba Nuklir

Fajar Nugraha • 20 Januari 2022 11:28
Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengisyaratkan pada Kamis 20 Januari 2022 bahwa pihaknya dapat melanjutkan uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh. Hal ini disampaikan oleh pejabat tinggi Korut yang mengatakan, negara itu sedang mempersiapkan konfrontasi jangka panjang dengan Amerika Serikat (AS).
 
Meski terkena sanksi internasional, Pyongyang telah melakukan serangkaian uji coba senjata tahun ini, termasuk rudal hipersonik. Hal tersebut dicapai saat pemimpin Korut Kim Jong-un mengejar tujuannya untuk memperkuat militer lebih lanjut.
 
Baca: Korea Utara Konfirmasi Uji Coba Peluncuran 2 Rudal Taktis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terhuyung-huyung secara ekonomi dari blokade virus korona yang dipaksakan sendiri, negara miskin itu belum menanggapi tawaran pembicaraan Washington. Di saat bersamaan mereka menggandakan tes senjata dan bersumpah akan memberikan tanggapan yang "lebih kuat dan pasti" terhadap setiap upaya untuk mengendalikannya.
 
“Sebuah pertemuan politbiro Komite Sentral Partai Pekerja memberikan instruksi kepada sektor terkait, untuk segera memeriksa langkah untuk memulai kembali semua kegiatan yang telah ditangguhkan sementara,” sebut media pemerintah KCNA, yang dikutip AFP, Kamis 20 Januari 2022.
 
"Kebijakan bermusuhan dan ancaman militer oleh AS telah mencapai garis bahaya yang tidak dapat diabaikan lagi," kata badan tersebut.
 
Kim Jong-un memimpin pertemuan politbiro di mana para pejabat mempresentasikan laporan yang menganalisis kondisi di Semenanjung Korea - dan membahas "orientasi untuk tindakan balasan terhadap AS di masa depan".
 
Potensi dimulainya kembali uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh datang pada saat yang sulit di kawasan itu, dengan satu-satunya sekutu utama Kim, Tiongkok, akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan dan Korea Selatan bersiap untuk pemilihan presiden pada Maret.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif