Ilustrasi bendera Jepang. Foto: AFP.
Ilustrasi bendera Jepang. Foto: AFP.

Waduh! Kasus Pertama Varian Omicron Ditemukan Sehari Setelah Jepang Larang Masuk Warga Asing

Sri Yanti Nainggolan • 30 November 2021 16:30
Jakarta: Jepang telah mengkonfirmasi kasus infeksi pertama varian Omicron pada Selasa, 30 November 2021. Sebelumnya, negara tersebut mengeluarkan aturan larangan warga negara asing datang ke sana untuk antisipasi virus ini. 
 
Dilansir dari Japan Times, seorang pria berusia 30-an ditemukan terinfeksi varian Omicron setelah tiba dari Namibia di Bandara Narita dekat Tokyo pada hari Minggu, 28 November 2021. 
 
Pria tersebut dites positif terkena virus korona pada saat kedatangan. Sampel kemudian diuji di National Institute of Infectious Diseases untuk memastikan apakah itu varian Omicron.

Jepang larang semua warga asing masuk teritorial

Jepang telah mengeluarkan larangan untuk warga asing datang ke negara tersebut. Larangan ini dinilai perlu karena para ilmuwan di seluruh dunia belum mengetahui pasti karakteristik varian baru Covid-19 ini.
 
"Kami akan melarang masuk orang asing dari seluruh dunia mulai 30 November," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada awak media, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivitas di bandara Haneda di Tokyo, Jepang, 25 Juli 2020. (AFP)

Aktivitas di bandara Haneda di Tokyo, Jepang, 25 Juli 2020. (AFP)

 
Namun, Jepang masih akan mengizinkan masuk beberapa individu tertentu termasuk kelompok pelajar. Warga Jepang yang pulang dari luar negeri juga masih diperbolehkan masuk.
 
"Tapi mereka harus dikarantina di fasilitas yang ditunjuk pemerintah," lanjut Kishida.
 
Jepang menjadi negara kedua setelah Israel yang menutup perbatasan sepenuhnya usai kemunculan Omicron, varian Covid-19 yang terdeteksi pertama kali di Afrika Selatan.
 
Halaman Selanjutnya
Kali kedua Jepang larang warga…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif