Korut diduga akan segera lakukan uji coba nuklirnya./AFP
Korut diduga akan segera lakukan uji coba nuklirnya./AFP

Korsel Yakin Banget Korut Akan Segera Lakukan Uji Coba Nuklir

Marcheilla Ariesta • 29 September 2022 05:41
Seoul: Korea Utara (Korut) kabarnya telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir. Kemungkinan, Korea Utara akan melakukan uji coba nuklir pada 16 Oktober dan 7 November mendatang.
 
Hal tersebut diungkapkan anggota Parlemen Korea Selatan (Korsel) setelah mendapat informasi dari agen mata-mata pada Rabu, 28 September 2022.
 
"Persiapan untuk kemungkinan uji coba nuklir oleh Korea Utara, yang akan menjadi kali pertama sejak 2017, telah diselesaikan di situs Punggye-ri, di mana negara tertutup itu melakukan enam uji coba bawah tanah dari tahun 2006 dan seterusnya," kata dua legislator Korsel usai bertemu dengan Badan Intelijen Nasional (NIS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Dubes Korut Ngomel Sebut AS Pertahankan Lingkaran Setan, Panas Terus!
 
Dilansir dari Channel News Asia, waktu uji coba dapat berpotensi mengikuti berbagai acara penting, seperti kongres partai di Tiongkok - yang adalah sekutu utama Korut - atau pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat (AS).
 
Peluncuran uji coba ini juga dapat tergantung dengan pengendalian wabah Covid-19 di Korut sendiri.
 
"NIS mengatakan mereka tidak dapat menghitung probabilitas, tetapi berasumsi bahwa Korea Utara akan membuat keputusan komprehensif berdasarkan hubungan internasional dan situasi Covid-nya," kata seorang legislator, Youn Kun-young.
 
Anggota parlemen lainnya, Yoo Sang-bum, mengatakan bahwa NIS melihat klaim Korea Utara tentang berakhirnya Covid-19 meragukan.Pasalnya, mereka telah berulang kali mengunci dan membuka kembali daerah perbatasan, serta baru hendak melakukan vaksinasi massal.
 
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan kemenangan atas Covid-19 dan melonggarkan beberapa pembatasan bulan lalu. Meski negara itu tidak pernah mengonfirmasi berapa banyak orang yang terinfeksi, tampaknya mereka tidak memiliki sarana untuk melakukan tes Covid-19 secara luas.
 
Awal bulan ini, Kim Jong-un menyarankan agar negaranya dapat memulai vaksinasi Covid-19 pada November mendatang. Ia memperingatkan potensi kemunculan kembali wabah Covid-19 karena tingkat kekebalan yang terbentuk dari infeksi sebelumnya diprediksi menurun sekitar Oktober.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif