Jubir Kemenlu Tiongkok, Wang Wenbin./AFP
Jubir Kemenlu Tiongkok, Wang Wenbin./AFP

Tiongkok Berjanji Akan Balas Boikot Diplomatik 4 Negara Barat

Internasional Amerika Serikat Inggris Australia Tiongkok kanada olimpiade musim dingin
Marcheilla Ariesta • 09 Desember 2021 18:57
Beijing: Tiongkok memperingatkan negara-negara Barat yang melakukan boikot diplomatik untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan membayar harganya. Amerika Serikat (AS) menjadi negara pertama yang mengumumkan boikot diplomatik untuk kegiatan olahraga musim dingin tersebut.
 
Kemarin, Australia, Inggris dan Kanada mengikuti jejak AS untuk memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Negeri Tirai Bambu memperingatkan akan ada balasan terkait hal tersebut hari ini, Kamis, 9 Desember 2021.
 
"AS, Australia, Inggris dan Kanada menggunakan Olimpiade sebagai wadah untuk manipulasi politik yang tidak terpuji dan mengisolasi diri," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, dilansir dari Malay Mail, Kamis, 9 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: AS Resmi Umumkan Boikot Diplomatik untuk Olimpiade Beijing 2022
 
Kelompok-kelompok advokasi mendukung boikot tersebut. Direktur Human Rights Watch Tiongkok, Sophie Richardson menyebutnya sebagai langkah penting untuk menantang kejahatan pemerintah Tiongkok terhadap kemanusiaan yang menargetkan Uighur dan komunitas Turki lainnya.
 
Para aktivis mengatakan, setidaknya satu juta orang Uighur dan lainnya yang berbahasa Turki, "sebagian besar minoritas Muslim dipenjara di kamp pendidikan ulang di Xinjiang. Tiongkok dituduh mensterilkan perempuan secara paksa dan melakukan kerja paksa.
 
Beijing mempertahankan kamp-kamp tersebut sebagai pusat pelatihan kejuruan, yang bertujuan untuk mengurangi daya tarik ekstremisme Islam.
 
Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan, dia tetap netral secara politik mengenai masalah ini. "Poin pentingnya adalah partisipasi para atlet di Olimpiade," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif