Muhammad Lutfi akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan
Muhammad Lutfi akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan

Empat Bulan Jabat Dubes di AS, Apa Capaian M.Lutfi?

Internasional Reshuffle Kabinet presiden jokowi M.Lutfi
Fajar Nugraha • 22 Desember 2020 18:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memanggil pulang Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi. Dia akan memegang jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Perdagangan.
 
M.Lutfi, biasa dia dikenal, akan menggantikan Agus Suparmanto yang baru satu tahun menjabat. Sementara Lutfi sendiri juga baru saja mengemban tugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.
 
Pria kelahiran Jakarta 16 Agustus 1969 ini dilantik sebagai dubes oleh Presiden Jokowi pada 14 September 2020 lalu. Kemudian dia menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Donald Trump pada 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama kurang lebih 3-4 bulan itu, apa saja yang sudah dilakukan oleh M.Lutfi. Sebelumnya, Mahendra Siregar juga dipanggil pulang dari AS untuk mengisi pos Wakil Menteri Luar Negeri. Jabatan Mahendra sebagai Dubes untuk Negeri Paman Sam saat itu juga relatif singkat.
 
Kembali ke pertanyaan sebelumnya, apa saja yang sudah dilakukan oleh pria Minangkabau itu dalam jabatan singkatnya di Washington?
 
Ada beberapa agenda yang menjadi tugas utama dari mantan Menteri Perdagangan Indonesia itu. Di bidang kerja sama ekonomi, Lutfi memprioritaskan investasi, perdagangan dua arah, konektivitas digital, kesehatan, dan sumber daya manusia.
 
Agenda ekonomi menjadi perhatian dari Dubes Lutfi. Salah satu diantaranya adalah memastikan Indonesia bisa mendapatkan pasar di Amerika. Tetapi di saat bersamaan bisa memberikan kepastian produk AS bisa bersaing di Indonesia.
 
Terdapat beberapa hal yang menjadi program prioritas Muhammad Lutfi. utamanya memastikan bahwa AS memperpanjang persetujuan fasilitas pembebasan tarif bea masuk (Generalized System of Preference/GSP) ke Indonesia.
 
Halaman Selanjutnya
  Bagi pria yang…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif