Presiden Joko Widodo dan PM Shinzo Abe berbalas pesan usai pengumuman mundur Abe. Foto: Twitter Presiden @Jokowi
Presiden Joko Widodo dan PM Shinzo Abe berbalas pesan usai pengumuman mundur Abe. Foto: Twitter Presiden @Jokowi

PM Shinzo Abe Balas Pesan Perpisahan, Hangat ke Jokowi

Internasional joko widodo Shinzo Abe
Fajar Nugraha • 03 September 2020 13:37
Tokyo: Setelah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Jepang pada 28 Agustus 2020 lalu karena alasan kesehatan. Dukungan mengalir dari para pemimpin dunia untuk Shinzo Abe, termasuk dari Presiden Joko Widodo.
 
Baca: Shinzo Abe Resmi Mundur dari Jabatan PM Jepang.
 
"PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia yang saya temui saat saya menjadi Presiden Indonesia di tahun 2014. Di bawah kepemimpinannya, hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang semakin menguat," tulis Presiden Jokowi di laman Twitter, Jumat 28 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terima kasih @AbeShinzo @JPN_PMO atas persahabatan yang terjalin selama ini. Semoga sehat selalu," tulis Presiden Jokowi saat itu.
 
Ucapan Jokowi ini kemudian dibalas dengan oleh PM Abe. Dengan menulis dalam bahasa Indonesia, Abe mengucapkan:
 
“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pesan hangat yang telah Yang Mulia tulis,” tulis Abe pada 1 September 2020.
 
“Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada Yang Mulia beserta segenap rakyat Indonesia atas persahabatan yang telah terjalin selama saya menjabat sebagai Perdana Menteri,” lanjut Abe.
 
Selain dengan Presiden Jokowi, PM Abe juga menulis ucapan perpisahan dengan para pemimpin dunia lainnya, seperti Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Kepadanya, Abe mengharapkan kerja sama antara Uni Eropa dengan Jepang akan lebih erat.
 
Sementara kepada Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Abe mengatakan: “Saya sangat bersyukur bisa membangun hubungan bilateral dengan melakukan kunjungan ke Singapura”.
 
PM Kanada Justin Trudeau juga mengharapkan agar PM Abe segera sembuh dari penyakitnya. Abe pun membalas,”Terima kasih atas ucapannya. Persahabatan dan kepercayaan kepada saya, membuat hubungan bilateral Jepang dan Kanada semakin kuat”.
 
Ucapan serupa juga diuatarakan oleh PM Abe kepada PM Inggris Boris Johnson. Kepada Johnson, Abe mengharapkan kerja sama lebih erat lagi di masa mendatang dan dia sangat menghargai kerja sama dan persahabatan yang telah terjalin selama ini.
 
Baca: Yoshihide Suga Resmi Umumkan Pencalonan sebagai PM Jepang.
 
Pengganti dari Abe sampai saat ini belum diumumkan. Tetapi nama favorit yang muncul adalah Sekretaris Kabinet Jepang saat ini, Yoshihide Suga.
 
Pencalonannya disertai dukungan Partai Liberal Demokrat (LDP) yang berkuasa di Jepang saat ini. Suga mengumumkan pencalonannya setelah beberapa hari spekulasi tentang rencananya dan tak lama setelah LDP menetapkan pemungutan suara pada 14 September.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif