ABK WNI yang bersujud usai dibebaskan dari perompak, ditemani Dubes RI untuk Nigeria Usra Hendra Harahap (paling kiri). Foto: Dok. KBRI Abuja
ABK WNI yang bersujud usai dibebaskan dari perompak, ditemani Dubes RI untuk Nigeria Usra Hendra Harahap (paling kiri). Foto: Dok. KBRI Abuja

Bebas dari Penculikan di Gabon, Tiga ABK WNI Kembali ke Keluarga

Internasional ABK WNI
Marcheilla Ariesta • 30 Juli 2020 14:37
Jakarta: Sebanyak tiga orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang diculik di Gabon telah dikembalikan ke keluarga. Para ABK ini diculik selama sekitar satu bulan pada 3 Mei 2020 lalu.
 
"Saya juga telah menyerahterimakan tiga ABK kita atas nama Pak Aldi Fauziansyah Suwandi, Pak Amin Sumardi, dan Pak Sobirin, yang telah disandera di perairan Libreville, Gabon, Afrika Barat pada 3 Mei 2020," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Baca: Diculik di Gabon, Tiga ABK WNI Dibebaskan Perompak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para WNI tersebut merupakan ABK dari kapal ikan Amerger II dan Amerger VII yang disandera bersama dengan 3 ABK warga negara Korea Selatan dan Senegal.
 
Menurut Retno, proses pembebasan ketiga WNI ini cukup sulit, terlebih harus dilakukan di tengah pandemi covid-19. Retno mengatakan sejak informasi penculikan diterima, beberapa perwakilan Indonesia bekerja sama untuk pembebasan ketiga WNI tersebut.
 
KBRI Abuja di Nigeria, KBRI Paris di Prancis, dan Konsul Kehormatan Gabon melakukan pertukaran informasi dengan Pemerintah Korea Selatan, komunikasi dengan pemilik kapal dan pihak keluarga ABK, serta komunikasi dengan Pemerintah Nigeria dan Gabon untuk mengantisipasi pergerakan penyandera ke negara-negara tersebut.
 
"Berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak, semua ABK yang disandera, termasuk tiga ABK asal Indonesia, berhasil dibebaskan pada tanggal 8 Juni 2020," tuturnya.
 
Retno menambahkan, bahwa dua hari setelah pembebasan ABK, tepatnya 10 Juni 2020, Dubes RI di Abuja, Usra Hendra Harahap secara pribadi langsung menjemput tiga ABK tersebut di Bandara Port Harcourt, Nigeria. Ketiganya kemudian ditempatkan di Wisma Duta KBRI Abuja sembari menunggu kepulangan ke Indonesia.
 
Baca: Kronologis Pembebasan Tiga WNI dari Perompak di Gabon.
 
Retno menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Korea Selatan, pemerintah Prancis, pemerintah Nigeria, dan pemerintah Gabon atas kerja sama yang dilakukan. Juga kepada Kemenkopolhukam, TNI dan BIN atas koordinasi untuk membebaskan ketiga ABK tersebut.
 
"Kementerian Luar Negeri memfasilitasi kepulangan mereka dari Nigeria pada 14 Juli 2020, dan mereka telah tiba di Jakarta pada 16 Juli 2020, dan telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat termasuk karantina mandiri," seru Retno.
 
Retno menambahkan pihaknya juga akan memfasilitasi kepulangan ketiga WNI itu ke daerah asal mereka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif