Menlu Retno Marsudi (kanan) saat berdiskusi dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. (Kemenlu RI)
Menlu Retno Marsudi (kanan) saat berdiskusi dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. (Kemenlu RI)

Menlu Retno Serukan Perdagangan Adil, Terbuka dan Non Diskriminatif dengan Prancis

Marcheilla Ariesta • 24 November 2021 15:14
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta agar isu lingkungan tidak dipakai untuk menghalangi perdagangan antara Indonesia dan Prancis. Ia menyampaikan hal tersebut dalam pernyataan bersama dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian di Jakarta, Rabu, 24 November 2021.
 
"Kami membahas pentingnya perdagangan yang adil, terbuka dan non diskriminatif," kata Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri.
 
"Perdagangan yang adil, terbuka, dan non diskriminatif akan berkontribusi banyak bagi pemulihan ekonomi, akan sangat membantu pencapaian target SDGs yang menyisakan waktu 9 tahun lagi," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno menekankan agar berbagai kebijakan ekonomi hijau ditempatkan dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Menurutnya, hanya itu cara keberlanjutan dapat tercapai.
 
"Kita juga harus mencegah penyalahgunaan isu lingkungan sebagai hambatan dalam perdagangan," lanjutnya.
 
Tak hanya mengenai perdagangan, Retno dan Le Drian juga membahas kolaborasi mempercepat transisi energi. Menurut Retno, transisi energi merupakan salah satu prioritas presidensi G20 Indonesia.
 
"Transisi energi bukan merupakan opsi, namun sebuah keniscayaan. Karenanya, kolaborasi diperlukan untuk mendukung proses transisi tersebut, antara lain dalam investasi dan technology transfer," imbuh Retno.
 
Ia mengapresiasi komitmen Prancis untuk mendukung pendanaan proyek transisi energi di Indonesia sebesar 500 juta Euro.
 
"Komitmen ini akan ditandatangani hari ini dengan Kemenkomarves, PLN, dan Agen Pembangunan Perancis AFD," pungkasnya.
 
Baca:  Kerja Sama Maritim Hingga Kesehatan Masuk Rencana Aksi RI-Prancis 2022-2027
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif