Menlu Inggris Liz Truss dan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Inggris Liz Truss dan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila. Foto: Dok.Kemenlu RI

Populer Internasional: Peluang Perdagangan Bebas Indonesia-Inggris Hingga Kompensasi Kecelakaan Boeing

Fajar Nugraha • 12 November 2021 09:44
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bahkan di tengah pandemi hubungan perdagangan dan investasi Inggris terus berlanjut. Dia mendorong Jetco buka peluang perdagangan bebas Indonesia-Inggris.
 
Kabar itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, yang diikuti dengan isu mengenai mahasiswa Inggris membela aksi protes terhadap Duta Besar Israel untuk Inggris yang berpidato di  London School of Economics & Political Science (LSE).
 
Isu menarik lainnya adalah mengenai Boeing yang mencapai kesepakatan dengan keluarga korban kecelakaan 737 MAX. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. RI Dorong JETCO Buka Peluang Perdagangan Bebas dengan Inggris

Inggris merupakan mitra terbesar Indonesia di Eropa untuk perdagangan dan investasi. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bahkan di tengah pandemi hubungan perdagangan dan investasi terus berlanjut.
 
"Hingga Agustus 2021, perdagangan bilateral telah meningkat hingga 14,69 persen dari periode yang sama tahun lalu," ujarnya dalam pernyataan bersama dengan Menlu Elizabeth Truss di Jakarta, Kamis, 11 November 2021.
 
Retno mendorong agar Joint Economic and Trade Committee (JETCO) bisa terus membuka peluang perdagangan bebas antara kedua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seberapa besar peluang itu bisa terwujud? Simak di sini.

2. Mahasiswa Inggris Bela Aksi Protes Terhadap Dubes Israel di LSE

Mahasiswa yang mengorganisir protes terhadap partisipasi Duta Besar Israel untuk InggrisTzipi Hotovely dalam debat, membela aksi demonstrasi yang berlangsung pada Selasa, 9 November 2021. Pembelaan dikarenakan para menteri Inggris pun telah mengutuk insiden tersebut.
 
 
 

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis, 11 November 2021, rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan, Hotovely meninggalkan gedung London School of Economics & Political Science (LSE) pada Selasa malam, dengan perlindungan ketat polisi saat sekelompok pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di luar.
 
Hotovely diundang oleh serikat mahasiswa LSE untuk mengambil bagian dalam debat terkait perdamaian Timur Tengah berjudul “Perspektif tentang Israel dan Palestina”.
 
Apa yang menyebabkan protes itu terjadi? Selanjutnya di sini.


3. Boeing Capai Kesepakatan dengan Keluarga Korban Kecelakaan 737 MAX

Salah satu produsen pesawat terbesar di dunia, Boeing disebut telah mencapai kesepakatan dengan keluarga korban kecelakaan 737 MAXKecelakan itu menewaskan sebanyak 157 orang di Ethiopia.
 
Persetujuan dalam bentuk dokumen hukum tersebut diajukan di pengadilan Chicago, Amerika Serikat (AS) pada Rabu, 10 November 2021. Sebelumnya, penerbangan 302 ke Nairobi, Ethiopia yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines jatuh di tenggara ibu kota Addis Ababa, enam menit setelah lepas landas pada 10 Maret 2019.
 
“Boeing berkomitmen untuk memastikan bahwa semua keluarga yang kehilangan orang-orang terkasih dalam kecelakaan tersebut mendapat kompensasi penuh dan adil atas kehilangan mereka,” kata Boeing dalam sebuah pernyataan yang disampaikan kepada AFP.
 
Pihak raksasa kedirgantaraan tersebut menambahkan, “Dengan menerima tanggung jawab, kesepakatan Boeing dengan keluarga, memungkinkan para pihak untuk memfokuskan upaya mereka dalam menentukan kompensasi yang sesuai untuk setiap keluarga.”
 
Seberapa besar kesepakatan yang diterima? Simak tautan ini.
 
(JMS)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif