Menlu Inggris Liz Truss dan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila./AFP
Menlu Inggris Liz Truss dan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila./AFP

RI Dorong JETCO Buka Peluang Perdagangan Bebas dengan Inggris

Marcheilla Ariesta • 11 November 2021 16:51
Jakarta: Inggris merupakan mitra terbesar Indonesia di Eropa untuk perdagangan dan investasi. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bahkan di tengah pandemi hubungan perdagangan dan investasi terus berlanjut.
 
"Hingga Agustus 2021, perdagangan bilateral telah meningkat hingga 14,69 persen dari periode yang sama tahun lalu," ujarnya dalam pernyataan bersama dengan Menlu Elizabeth Truss di Jakarta, Kamis, 11 November 2021.
 
Retno mendorong agar Joint Economic and Trade Committee (JETCO) bisa terus membuka peluang perdagangan bebas antara kedua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kepada Menlu Inggris, Indonesia Tekankan Pencapaian Konkret Sektor Kehutanan
 
"Kami sepakat untuk mendorong progres JETCO untuk mendiskusikan kemungkinan mendirikan perdagangan bebas atau kesepakatan dagang terbatas dan mempromosikan pengakuan mutual dari standar dan sertifikasi," tuturnya.
 
Retno menambahkan, mereka juga sepakat mengintensifkan kerja sama di bidang ekonomi digital dan keamanan siber. "Kami mulai diskusi tentang cara terbaik untuk memiliki mobilitas yang aman antara dua negara," lanjutnya.
 
Dalam kesempatan ini, Indonesia dan Inggris juga sepakat untuk memperkuat forum kemitraan kedua negara yang ada. "Untuk itu, kami setuju mulai merancang peta jalan hubungan bilateral kita, bahkan kita sepakat menyelesaikannya sebelum akhir tahun ini," pungkas Retno.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif