Bendera Amerika Serikat. (AFP)
Bendera Amerika Serikat. (AFP)

Populer Internasional: Kerja Sama AS di Indo-Pasifik hingga Dakwaan Tragedi Itaewon

Willy Haryono • 14 Januari 2023 10:37
Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah beberapa negosiasi kerja sama ekonomi dengan Amerika Serikat (AS). Pejabat Senior AS untuk Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik, Matt Murray membeberkannya dalam telephonic briefing.
 
Kerja sama antar kedua negara tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Sabtu, 14 Januari 2023.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah mengenai terjangan angin topan di Alabama dan seputar dakwaan terkait tragedi Itaewon di Korea Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya:

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Negosiasi Kerja Sama Ekonomi AS di Indo-Pasifik

"Indonesia akan menjadi tuan rumah beberapa negosiasi yang akan datang, saya yakin itu pada Maret. Dan kami sangat bersemangat melibatkan Indonesia di sana," kata Matt Murray.
 
Ia mengatakan, banyak inisiatif ekonomi regional yang sedant dikerjakan melalui Strategi Indo-Pasifik yang termasuk dalam Indo-Pacific Economic Framework. Kerja sama ini melibatkan beberapa negara Asia dan Pasifik, termasuk Indonesia.
 
Dari perspektif Asia Pacific Economic Comprehensive (APEC), Murray mengatakan, Indonesia-AS memiliki banyak kesamaan yang dapat dikerjakan bersama.
 
Apa lagi yang disampaikan AS terkait kerja sama ini? Cek selengkapnya di sini.

Tornado Hantam Alabama, 6 Orang Tewas

Tornado menewaskan enam orang di negara bagian Alabama, AS. Angin puting beliung ini melintasi jalur sepanjang 30 kilometer melalui dua komunitas pedesaan di dekat Kota Selma.
 
Kematian lain dilaporkan di negara bagian tetangga, Georgia, di mana angin kencang dari sistem badai raksasa yang melanda AS selatan, memutuskan aliran listrik ke puluhan ribu orang di negara bagian itu.
 
Semua kematian di Alabama terjadi di wilayah Autauga.
 
Apa komentar otoritas Alabama terkait terjangan angin topan ini? Cek selengkapnya di sini.

24 Pejabat Didakwa Terkait Tewasnya 158 Orang saat Pesta Halloween di Itaewon

Sebuah panel Korea Selatan (Korsel) merujuk 24 pejabat ke jaksa penuntut untuk menghadapi tuduhan kelalaian profesional. Mereka dianggap terlibat mengakibatkan kematian atas insiden himpitan massa di sebuah distrik kehidupan malam di Seoul, Oktober lalu, yang menewaskan 158 orang.
 
Sebuah panel investigasi polisi khusus mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis pada Jumat bahwa pejabat dari kepolisian, kantor distrik setempat, pemadam kebakaran dan pemerintah metro Seoul gagal dalam tanggung jawab mereka untuk mencegah bencana manusia. Ini merupakan salah satu insiden sipil paling mematikan di Korsel pascaperang.
 
Tidak ada pejabat dari pemerintah nasional yang dirujuk ke kejaksaan atas insiden ketika orang-orang terjepit di gang selebar 3,2 meter selama perayaan Halloween itu. Pihak berwenang mengatakan pesta Halloween di Itaewon itu menarik sekitar 100.000 orang.
 
Apa lagi detail dari tragedi di Itaewon tahun lalu? Cek selengkapnya di sini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif