Sputnik V adalah vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute di Moskow, Rusia. (Foto: AFP)
Sputnik V adalah vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute di Moskow, Rusia. (Foto: AFP)

Sejumlah Perusahaan RI Diskusikan Kerja Sama Sputnik V

Internasional Virus Korona indonesia-rusia pandemi covid-19 vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 11 November 2020 13:55
Jakarta: Rusia mengklaim telah menjadi negara pertama yang mendaftarkan vaksin Sputnik V mereka. Negeri Beruang Merah juga mengatakan siap membahas kerja sama vaksin dengan Indonesia.
 
Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobyova menyebutkan saat ini beberapa perusahaan farmasi Indonesia telah melakukan diskusi mengenai kerja sama tersebut.
 
"Saya ingin sampaikan, Rusia siap bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang produksi obat dan distribusi vaksin," tuturnya dalam jumpa pers virtual, Rabu, 11 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Vorobyova menuturkan negaranya siap melakukan vaksinasi massal. Saat ini, vaksin Sputnik dalam uji klinis tahap akhir yang melibatkan lebih dari 40 ribu orang.
 
Uji klinis tak hanya dilakukan di Rusia, namun juga di beberapa negara termasuk India, Brasil dan Belarusia.
 
Selain vaksin Sputnik V, Vorobyova juga mengungkapkan ada dua vaksin lainnya yang tengah dikembangkan oleh produsen vaksin Rusia. Dua vaksin yang dikembangkan yakni Vektor Vaccine, dan EpiVac.
 
Vektor Vaccine, kata Vorobyova, dalam uji klinis tahap kedua. Sementara EpiVac baru tahap awal. Ia berharap kedua vaksin ini akan segera didaftarkan.
 
"Semoga vaksin kami ini dapat segera didaftarkan akhir tahun ini," pungkasnya.
 
Sebelumnya, seorang perwakilan dari Kementerian Kesehatan Rusia menegaskan bahwa Sputnik V memiliki tingkat efektivitas hingga lebih dari 90 persen.
 
Pernyataan tersebut merespons pengumuman perusahaan Pfizer asal Amerika Serikat, yang menyatakan vaksin buatan mereka dengan BioNTech terbukti efektif di atas 90 persen dalam uji klinis fase 3.
 
Meski mengedepankan Sputnik V, Kemenkes Rusia juga menyambut baik adanya vaksin lain, termasuk vaksin Pfizer, yang memperlihatkan hasil positif dalam menanggulangi infeksi covid-19.
 
Baca:Fauci Siap Gunakan dan Rekomendasikan Vaksin Pfizer
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif