Kapal Rwabee yang berbendera Uni Emirat Arab. (AFP / Al-Huthi Group Media Office)
Kapal Rwabee yang berbendera Uni Emirat Arab. (AFP / Al-Huthi Group Media Office)

ABK WNI Surya Hidayat Pratama Dibebaskan dari Penahanan Houthi

Internasional konflik yaman Pemberontak Houthi ABK WNI
Willy Haryono • 25 April 2022 18:37
?Jakarta: Awak buah kapal warga negara Indonesia (ABK WNI) bernama Surya Hidayat Pratama (SHP) telah tiba dengan selamat di Jakarta pada Senin, 25 April 2022, setelah sempat ditahan kelompok Houthi di Yaman selama 111 hari.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, SHP merupakan Chief Officer yang bekerja di kapal Rwabee yang berbendera Uni Emirat Arab (UEA).?
 
Sebelumnya pada 3 Januari, kapal Rwabee beserta seluruh awak kapal ditahan Houthi saat berlayar di perairan Al-Hudaidah, Yaman. Selama masa penahanan, Kemenlu RI beserta KBRI Muscat, KBRI Riyadh dan KBRI Abu Dhabi telah mengupayakan pembebasan SHP melalui komunikasi dengan berbagai pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Kemenlu RI juga melakukan pendekatan dengan pihak keluarga SHP di Makassar. Selama masa penahanan, SHP telah beberapa kali melakukan komunikasi telepon dengan keluarga.
 
Baca:  Pemilik Kapal Didesak Tanggung Jawab Bebaskan WNI yang Ditahan Houthi
 
Melalui upaya berbagai pihak, pada 24 April kemarin, SHP dapat dibebaskan dari penahanan Houthi dan kemudian diterbangkan dari Sana’a ke Muscat melalui fasilitas yang disediakan Pemerintah Oman.
 
KBRI Muscat melakukan pendampingan pemulangan, dan SHP tiba dengan selamat di Tanah Air pada hari Senin ini. SHP selanjutnya akan dipulangkan ke daerah asalnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Kemenlu RI menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Oman dan seluruh pihak yang turut serta membantu proses pembebasan dan pemulangan SHP ke Tanah Air.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif